8 keuntungan dan kerugian berwirausaha? Kenali resikonya sebelum anda memulai usaha anda.

keuntungan dan kerugian Berwirausaha
Menjadi wirausahawan memang menjadi sebuah pilihan yang tepat bagi anda yang memiliki jiwa kreatif, ulet serta mandiri. Banyak orang mengatakan bahwa berwirausaha menawarkan banyak keuntungan dibandingkan kerugiannya. Salah satunya keuntungan berwirausaha tentu saja  bisa hidup bebas dan merdeka tanpa adanya perintah dari orang lain.  

Untuk bisa menjadi wirausahawan yang sukses, selain harus ulet serta kreatif, ada banyak faktor yang perlu anda perhatikan. Salah satunya adalah kualitas usaha. Dalam memulai suatu usaha hendaknya anda benar-benar memperhatikan kulitas usaha, agar kedepannya, usaha atau bisnis anda mampu bersaing dengan usaha lainnya. 

Dalam memulai usaha, tentu anda harus memahami terlebih dahulu, apa saja keuntungan dan kerugian dalam berwirausaha. Karena keuntungan berwirausaha, memang menjadi salah satu tujuan penting dalam anda berbisnis. Dengan keuntungan anda dapat tetap menjalankan bisnis anda, mengembangkannya serta dapat menjadikan diri anda memiliki andil yang besar untuk mengurangi jumlah pengangguran di negara ini. Berikut ini keuntungan dan kerugian atau resiko berwirausaha yang berhasil kami rangkum :

Keuntungan berwirausaha :


1. Kesempatan meraih keuntungan tidak terbatas. 

Salah satu keuntungan bewirausaha dibandingkan menjadi seorang pegawai tentu saja kita memiliki kesempatan untuk memperoleh pendapatan yang tidak terbatas. Dalam artian semakin kita bekerja keras maka keuntungan yang kita dapatkan akan semakin banyak. Hal tersebut tidak bisa kita dapatkan apabila kita bekerja sebagai pegawai, dimana kerja keras kita terkadang tidak sebanding dengan pendapatan yang kita terima ( Terkecuali lembur, atau penugasan khusus ).

2. Memiliki kontrol finansial

Keuntungan lainnya apabila kita berwirausaha tentu saja kita memiliki kontrol finansial secara mandiri. Oleh karenanya penting bagi kita belajar manajemen sebelum kita memulai usaha kita. Sehingga dalam prakteknya kita bisa mengelola keuangan usaha kita dengan baik.


3.Tidak bekerja dibawah perintah orang lain.

Bagi anda yang tidak bisa atau tidak mau bekerja dibawah perintah orang lain, berwirausaha memang menjadi pilihan yang tepat. Keuntungan yang bisa anda peroleh adalah, anda bisa bekerja sesuai dengan kemampuan, minat serta bakat anda, serta bebas mengembangkan diri dan berinovasi dengan usaha yang anda geluti tanpa harus ada tekanan dari atasan anda.


4. Memiliki waktu yang lebih banyak 

Bisa dikatakan, sebagai wirausahawan, kita memiliki waktu yang lebih banyak atau memiliki waktu yang fleksibel dibandingkan dengan seorang pegawai  terutama pada saat usaha yang kita miliki sudah berjalan baik. Namun bukan lantas, kita semerta-merta bebas begitu saja bekerja, kedisiplinan serta ketekunan, konsisten terhadap waktu menjadi kunci sukses dalam anda mengembangkan usaha anda.

5. Memiliki kesempatan yang lebih dalam membangun potensi diri.

Apakah anda merasa potensi yang ada dalam diri anda dibatasi selama anda bekerja sebagai seorang pegawai? Hal inilah yang menyebabkan banyak orang keluar dari pekerjaan dan memilih berwirausaha. Memang apabila kita bekerja sebagai pegawai, kita terkadang tidak bisa membangun atau merealisasikan apa yang menjadi potensi diri pada diri kita, karena hal ini harus disesuaikan dengan kebijakan atasan atau kebijakan di perusahaan tempat dimana kita bekerja.

6. Kesempatan untuk membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat

Salah satu kepuasan diri serta keuntungan berwirausaha yang tidak bisa diukur dengan materi sekalipun adalah, bisa membuka lapangan kerja bagi masyarakat. Terutama bagi anda yang tinggal di lingkungan dengan tingkat pengangguran tinggi, dengan adanya lapangan pekerjaan baru tentu bisa meningkatkan tingkat perekonomian masyarakat sekitar lingkungan tempat usaha anda.

7. Kepuasan dalam merealisasaikan ide kreatif dan dapat menyumbangkannya kepada orang lain.

Sudah kami singgung sebelumnya, keuntungan menjadi berwirausaha bagi anda yang memiliki jiwa kreatif adalah, anda bisa merealisasikan ide kreatif anda guna mewujudkan suatu produk atau jasa yang berguna bagi orang lain serta mengajarkan orang lain untuk bersama-sama berfikir secara kreatif.

8. Bisa menjalin banyak relasi dan bertukar wawasan.

Bisa dikata menjadi seorang wirausahawan anda dituntut untuk memiliki banyak relasi agar usaha yang anda tekuni bisa maju dan dikenal banyak orang. Dengan adanya banyak relasi bisa saja wawasan anda akan bertambah. Dalam hal ini, anda bisa saling bertukar ilmu dengan rekan yang memiliki bidang usaha lainnya, karena tidak mungkin anda merintis usaha sendiri tanpa bantuan dari pihak lain.



Kerugian berwirausaha yang perlu anda ketahui


Berwirausaha memang menawarkan beragam keuntungan bila dibandingkan jika anda bekerja sebagai seorang pegawai. Namun disisi lain, anda perlu memahami terlebih dahulu, apa saja kerugian menjadi wirausahawan, agar nantinya dalam anda menjalankan usaha anda, anda siap dengan resiko terburuk, serta sudah memiliki solusi terbaik terhadap kemungkinan-kemungkinan yang bisa saja muncul dan berdampak buruk terhadap usaha anda. Berikut ini kerugian berwirausaha yang perlu anda ketahui :

1. Tidak memiliki pendapatan pasti.

Hal yang paling mendasar bekerja sebagai seorang pegawai dan wirausahawan adalah soal pendapatan. Bila seorang pegawai bisa dipastikan memiliki pendapatan pasti setiap bulannya, berbeda dengan seorang pengusaha, dimana waktu dan besarnya pendapapatan tidak bisa dipastikan tergantung dengan profit usaha yang kita geluti.


2. Resiko akan kehilangan modal, aset atau investasi

Dalam membangun suatu usaha, kita harus memiliki modal usaha yang rata-rata tidak sedikit. Anda harus bersiap-siap dengan kemungkinan yang akan terjadi, salah satunya apabila suatu waktu usaha yang anda rintis dalam keadaan yang tidak menguntungkan bahkan harus gulung tikar. Maka anda bisa kehilangan modal awal, aset, bahkan investasi.

3. Rela mengorbankan waktu lebih

Dalam hal ini terutama saat merintis usaha, anda harus rela mengorbankan banyak waktu untuk bisa memulai usaha anda. Tidak hanya waktu untuk diri sendiri saja, melainkan waktu untuk bisa berkumpul dengan keluarga dan waktu rekreasi harus banyak tersita hingga usaha yang anda rintis dapat berjalan dengan stabil. 

4. Memiliki beban kerja dan tanggung jawab yang lebih besar.

Bisa dikatakan anda memegang peran yang sangat besar terhadap kelangsungan hidup usaha yang anda geluti, tidak hanya dari segi keuangan, produksi maupun pemasaran saja, melainkan juga dari segi personil. Oleh karenanya penting dalam hal ini kemampuan manajemen yang baik dengan selalu belajar dari pengalaman diri sendiri, pengalaman orang lain serta belajar dari berbagai sumber ilmu, untuk bisa menjadi seorang "business owner" yang sukses membangun bisnisnya.

Itulah beberapa keuntungan dan kerugian dalam berwirausaha yang perlu anda ketahui . Untuk menjadi seorang wirausahawan yang sukses, kita harus menempuh proses yang panjang dengan segala dinamikanya. keuletan, kerja keras, dan kreatifitas menjadi faktor penting bagi anda dalam anda menjalankan usaha anda, agar usaha dapat diterima oleh masyarakat dan mendatangkan keuntungan yang banyak. Selamat berwirausaha. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 keuntungan dan kerugian berwirausaha? Kenali resikonya sebelum anda memulai usaha anda."

Post a Comment