10 contoh usaha sampingan di akhir pekan sebagai pemasukan tambahan

Bagi pegawai kantoran, mahasiswa dan pelajar, akhir pekan adalah waktu yang paling ditunggu-tunggu. Setelah berhari-hari disibukkan dengan urusan kantor dan proses belajar yang melelahkan, tiba saatnya kita melepas penat, menghabiskan hari libur bersama keluarga dan rekan-rekan dekat kita. Namun semuanya tidak berlaku bagi mereka yang berjiwa bisnis. Bagi yang mempuyai jiwa bisnis, tentu mereka akan mencari usaha sampingan yang bisa dilakukan di akhir pekan untuk menambah penghasilan mereka.

contoh usaha sampingan di akhir pekan
contoh usaha sampingan di akhir pekan
Mengapa membuka usaha di akhir pekan lebih menjanjikan? Sebagai karyawan, tentu kita akan lebih nyaman jika di akhir pekan, kita beristirahat dari aktifitas harian kita. Namun disisi lain, di akhir pekanlah, banyak masyarakat yang membelanjakan penghasilan yang mereka peroleh, baik itu untuk kebutuhan harian maupun untuk kesenangan semata. Oleh karenanya, kita harus bisa berfikir kreatif dan bisa menangkap peluang yang ada dengan membuka bisnis di akhir pekan. Dengan membuka usaha sampingan di akhir pekan, maka kita mempunyai kesempatan untuk menambah pundi-pundi rupiah yang kita miliki dan menambah penghasilan bulanan.

10 Contoh usaha yang bisa dilakukan di akhir pekan 

  
Ada banyak contoh usaha sampingan yang bisa dilakukan di akhir pekan. Mulai dari pekerjaan sampingan yang harus mengeluarkan modal banyak, sampai pekerjaan sampingan yang hanya menghabiskan modal sedikit. Semuanya bisa kita seseuaikan dengan kemampuan, serta waktu yang kita miliki. Jika anda tertarik untuk membuka usaha sampingan di akhir pekan, maka tidak ada salahnya anda mencoba beberapa usaha sampingan yang sudah coba kami rangkum, berikut usaha atau bisnis yang bisa dilakukan di akhir pekan :


1. Menjadi photografer pernikahan

Khusus bagi anda yang mempunyai keterampilan dalam dunia fotografi, maka tidak ada salahnya anda mencoba membuka layanan photografi khusus untuk pernikahan ataupun fotografi khusus preweed. Mengapa usaha sampingan ini cukup menjanjikan dilakukan di akhir pekan? Hal itu dikarenakan kebiasaan masyarakat kita yang acapkali mengadakan acara pesta di akhir pekan. Acara dilakukan di akhir pekan mempunyai tujuan dan harapan, supaya banyak tamu undangan yang bisa hadir karena bertepatan dengan hari libur. Dengan adanya media sosial, kami rasa anda tidak akan kesulitan dalam mempromosikan jasa dan keterampilan yang anda miliki.

2. Berjualan di area car free day

Acara Car Free Day atau biasa kita menyebutnya "CFD", saat ini merupakan acara "wajib" yang diadakan tiap akhir pekan. Acara ini banyak dilakukan baik di kota-kota besar maupun kota kecil sekalipun contohnya di kota Kabupaten. Sembari mengikuti acara tersebut, kita juga bisa menangkap peluang yang ada dengan berjualan makanan atau minuman ringan sebagai usaha sampingan di sekitar tempat Car Free Day. Memang di acara seperti itu, banyak persaingan antar pedagang. Oleh karenanya kita harus bisa menjual sesuatu yang unik dan berbeda dengan pedagang lainnya. Tips bagi anda yang berjualan di area Car Free Day, jangan hanya mencari tempat strategis saja, melainkan kita harus jemput bola, menawarkan barang yang kita jual dengan mendatangi calon pembeli di area tersebut.

3. Menjadi Tour Guide

Jika anda tinggal di daerah wisata terutama wisata sejarah dan mempunyai keterampilan bahasa yang lebih dibandingkan dengan yang lainnya, akan sangat disayangkan jika tidak dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Menjadi tour guide adalah salah satu contoh usaha sampingan yang bisa dilakukan pada saat akhir pekan. Kawasan wisata sejarah seperti di Kota Yogyakarta, Magelang memang menjadi daya tarik bagi wisatawan mancanegara. Kawasan tersebut akan semakin ramai jika masa liburan tiba. Menjadi tour guide sendiri mempunyai banyak keuntungan. Selain bisa mendapatkan penghasilan tambahan, kita juga bisa mendapatkan banyak relasi. Selain itu kita juga bisa ikut serta jalan-jalan mengunjungi beberapa tempat bersejarah. Sebelum menjadi seorang tour guide, sebaiknya anda harus banyak belajar mengenai tempat-tempat yang akan anda singgahi bersama dengan klien anda. Jangan sampai informasi yang anda sampaikan tidak sesuai dengan realita yang ada. Menjadi tour guide juga banyak dilakukan oleh mahasiswa. Selain mendapat penghasilan, mereka juga bisa belajar berbicara bahasa asing langsung dengan wisatawan mancanegara.


4. Berjualan dengan food truck

Berjualan menggunakan sebuah mobil yang dimodifikasi sedemikian rupa untuk membawa dan menawarkan produk makanan dan minuman saat ini sangat digemari. Hal itu dikarenakan dengan metode ini bisa menghemat tempat serta memudahkan mobilisasi untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Berjualan menggunakan truck atau mobil yang dimodifikasi bisa menjadi usaha sampingan yang bisa anda lakukan di akhir pekan. Sebagai pangsa pasarnya adalah pembeli yang berada di tempat-tempat umum. Produk makanan yang bisa anda tawarkan bisa berupa makanan ringan ataupun produk minuman seperti ice cream. Dengan strategi pemasaran jemput bola diharapkan bisa menjaring banyak pembeli serta mendapatkan keuntungan yang lebih besar dibandingkan dengan kita membuka sebuah gerai.


5. Menjadi penulis lepas

Semakin berkembangnya teknologi dan informasi, semakin beragam pula cara kita bisa menghasilkan tambahan uang. Bagi yang suka akan kegiatan menulis, menjadi penulis lepas di media online bisa sesekali anda coba sebagai pekerjaan sampingan di akhir pekan. Ada banyak media online yang menerima hasil tulisan kita dengan berbagai ketentuan. Jangan sesekali menganggap remeh pekerjaan sampingan yang satu ini, pasalnya saat ini banyak yang memberikan imbalan yang cukup mahal bagi penulis. Tentunya tulisan yang anda buat haruslah tulisan yang original ( Tidak copy-paste ) serta memenuhi kriteria yang ada.


6. Membuka jasa les privat

Anda adalah seorang guru ??!! Gunakanlah keterampilan yang anda miliki untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Salah satu usaha sampingan yang sampai kapanpun akan dibutuhkan adalah penyedia jasa les privat. Memang kebanyakan les dilakukan hampir setiap hari sepulang murid-murid pulang dari sekolah. Namun ada kalanya pihak murid maupun orang tua murid minta dilakukan les saat akhir pekan saja. 


7. Jasa penyedia transportasi online

Beberapa tahun yang lalu, aplikasi yang menyediakan jasa transportasi online belumlah sebanyak saat ini dan hanya tersedia untuk kendaraan roda dua saja sebatas untuk satu layanan. Saat ini penyedia layanan transportasi tidak hanya sebatas kendaraan roda dua saja melainkan juga kendaraan roda empat dengan banyak layanan yang tentunya akan sangat membantu aktifitas pengguna. Berkembangnya penyedia transportasi berbasis online banyak memberikan manfaat, tidak hanya bagi konsumen yang mendapatkah harga yang murah, namun juga bagi pelaku usaha. Dengan adanya layanan transportasi online banyak yang kini bisa mendapatkan penghasilan tambahan serta bisa menunjang taraf perekonomian mereka. Peluang usaha sebagai penyedia layanan transportasi online dapat kita coba terutama saat akhir pekan tiba. Banyak orang yang telah mencoba menjadi driver ojek online baik itu karyawan maupun mahasiswa. Keuntungan dari usaha sampingan ini adalah kita tidak dikejar deadline sehingga kita bisa bebas melakukaannya di sela-sela waktu luang kita, tanpa harus takut aktifitas tersebut mengganggu pekerjaan utama kita.


8. Menjadi seorang blogger

Jika tadi disinggung mengenai jasa penulis lepas untuk media online, maka disini kita menjadi penulis untuk blog kita sendiri dengan menjadi seorang blogger. Dengan menjadi seorang blogger kita bertugas untuk mengelola blog kita dengan menuliskan informasi atau content yang bermanfaat bagi visitor blog kita. Lantas darimana kita menerima penghasilan? Melalui blog kita bisa saja menerima penghasilan dari content replacement, job review, sponsored post ataupun program pengiklanan baik dari google adsense maupun program pengiklanan lokal. Namun bagi yang tidak sabar ingin cepat mendapatkan uang, maka jangan pernah menjadi blogger, karena untuk mendapatkan  uang maka anda harus menempuh proses dan waktu yang cukup lama.


9. Membuka bisnis Event Organizer

Event Organizer atau disingkat EO juga merupakan peluang bisnis yang bisa dilakukan saat akhir pekan. Memang untuk bisa menjalankan bisnis ini kita harus mengeluarkan modal yang tidak sedikit. Selain harus membutuhkan modal banyak, usaha atau bisnis Event Organizer juga memerlukan persiapan khusus serta keahlian untuk membuat suatu acara sesuai dengan keinginan penyelenggara serta bisa mengemas acara secara menarik.


10. Membuka jasa dekorasi dan rias bunga.

Salah satu jasa yang akan selalu dibutuhkan oleh masyarakat adalah jasa dekorasi bunga. Bagi kepercayaan tertentu, pernikahan sebagian besar dilakukan pada hari minggu atau akhir pekan dan selalu menggunakan tempat ibadah yang notebene memerlukan dekorasi berupa bunga hidup di altarnya. Peluang inilah yang bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Kita bisa membuka jasa dekorasi dengan ornament bunga hidup serta bisa bekerja sama dengan event organizer sebagai relasi untuk mempromosikan jasa kita.


Itulah sedikitnya 10 contoh usaha sampingan yang bisa kita coba lakukan di akhir pekan sebagai pemasukan tambahan. Jika kita lebih kreatif lagi serta pandai dalam menangkap peluang yang ada, maka akan ada lebih banyak lagi usaha sampingan yang bisa kita lakukan dan kita jadikan bisnis untuk bisa menambah pendapatan bulanan kita.    
  

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "10 contoh usaha sampingan di akhir pekan sebagai pemasukan tambahan"

  1. Biasanya sih lebih sering berjualan ya kalau pas lagi akhir pekan :))

    ReplyDelete