Kelebihan membeli netbook bekas berdasarkan pengalaman saya

Membeli barang elektronik terutama laptop, netbook dalam kondisi second atau bekas, bukanlah hal yang memalukan. Terlebih apabila barang tersebut masih dalam kondisi bagus dan mempunyai selisih harga yang lumayan jauh dibandingkan dengan harga barunya, tentu hal ini justru akan menghemat uang belanja anda. Ada banyak alasan mengapa orang membeli laptop atau netbook bekas, salah satunya adalah biaya yang terjangkau. Saya sendiri menggunakan netbook bekas yang saya beli dengan harga kurang dari 1,6 juta rupiah. Netbook Asus yang saya gunakan sehari-hari untuk aktifitas ngeblog serta aktifitas jual beli online adalah barang bekas dari seorang mahasiswa yang sudah bosan serta ingin berganti netbook. Saya membelinya melalui salah satu toko online dan mengambilnya di kawasan jl. Kaliurang Yogyakarta.

Kelebihan membeli netbook bekas
Ilustrasi menggunakan netbook bekas sumber : pixabay.com


Selain mendapat harga yang murah, ada beberapa kelebihan lainnya yang dapat saya rasakan ketika membeli netbook bekas, salah satunya adalah bonus yang saya dapatkan. Berikut kelebihan atau keuntungan lain ketika membeli netbook atau laptop bekas diantaranya :

  1. Dapat menyesuaikan dengan budget. Bisa dibilang dengan membeli netbook bekas kita bisa menyesuaikan dengan budget yang tersedia. Seperti halnya saya, yang sudah lama menginginkan netbook keluaran Asus dengan tipe X 200 M namun berhubung dana tidak cukup sedangkan kebutuhan akan netbook mendesak, saya akhirnya membeli netbook Asus dengan tipe X 200 Ca seharga 1,6 juta. Keduanya sama-sama netbook keluaran Asus dengan spesifikasi yang tidak jauh berbeda. Dalam hal ini kita bisa mendapatkan barang sesuai dengan kebutuhan kita berdasarkan dana yang tersedia.
  2. Mendapatkan bonus. Dalam membeli barang elektronik bekas, untuk menarik hati pembeli, biasa penjual menyertakan beberapa bonus baik itu acesories maupun perangkat pendukung lainnya. Seperti mouse, modem, ataupun pelindung keyboard. Dimana barang-barang tersebut dijual terpisah apabila kita membeli netbook dalam kondisi baru. Oleh karenanya apabila beruntung kita akan mendapatkan beberapa bonus yang mungkin saja akan membuat kita berpikir dua kali apabila barang tersebut harus kita beli dalam kondisi baru. Saya sendiri mendapatkan bonus sebuah modem ketika membeli netbook. Lumayanlah sebagai pendukung kegiatan online.
  3. Bisa menawar. Hal yang tidak bisa kita lakukan ketika membeli barang baru adalah tidak bisa menawar. Berbeda dengan barang dalam kondisi bekas dimana kita bisa membuat kesepakatan harga dengan penjualnya. Jangan ragu untuk menawar barang yang ditawarkan, tawarlah dengan sopan dan wajar, tentu anda akan mendapatkan harga yang terbaik sesuai dengan budget anda.
  4. Sebuah kepuasan apabila kita mendapatkan barang bagus dengan harga yang terjangkau. Kepuasan tidak melulu bisa diukur berdasarkan uang. Mendapatkan barang dengan kualitas bagus dengan harga yang cukup terjangkau adalah sebuah kepuasan bagi saya ketika mendapati netbook yang saya beli adalah barang berkualitas serta awet ketika digunakan. 
  5. Jika beruntung, netbook yang kita beli masih bergaransi. Seringkali kita mendapati barang yang kita beli masih memiliki garansi resmi. Oleh karenanya kita bisa memanfaatkan garansi yang ada jikalau sewaktu-waktu netbook yang kita beli mengalami kerusakan. Pastikanlah garansi tersebut masih berlaku dan netbook yang kita beli belum pernah diservis kecuali di servise center, karena apabila servise center mengetahui bahwa netbook kita pernah dibuka ( dilihat dari segel pada bagian body dan baut ) maka biasanya mereka tidak menerima layanan garansi dan kita harus membayar sendiri biaya perbaikan apabila didapati mengalami kerusakan.
Itulah beberapa keuntungan atau kelebihan membeli netbook bekas. Memang akan lebih baik apabila kita membeli barang dalam kondisi baru, namun apabila dana tidak mencukupi tidak ada salahnya kita membeli barang dalam kondisi bekas, tentu saja membeli barang bekas berkualitas. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kelebihan membeli netbook bekas berdasarkan pengalaman saya"

Post a Comment