Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa yang Dimaksud dengan Adorasi ? Berikut Penjelasannya

Sebagai orang katolik kita tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah adorasi ekaristi atau adorasi sakramen mahakudus. Adorasi ini dilakukan untuk memberikan hormat di hadapan tabernakel yang di dalamnya diletakkan sakramen mahakudus. Namun, mungkin tidak banyak dari kita yang mengetahui apa yang dimaksud dengan adorasi dan bagaimana sejarah dari adorasi itu sendiri. Di kesempatan kali ini kami sedikit banyak akan membahas tentang adorasi ekaristi dan sejarahnya.

Pengertian adorasi


Baca juga : Contoh doa awal adorasi ekaristi katolik secara singkat

Adorasi ekaristi adalah sebuah ibadat atau doa yang dilaksanakan umat beriman di hadapan ekaristi mahakudus atau sakramen mahakudus yang ditahtakan. Adorasi ekaristi juga bisa disebut dengan pujian kepada sakramen mahakudus, kebaktian kepada sakramen mahakudus, atau sembah sujud kepada sakramen mahakudus. Adorasi ekaristi juga merupakan salah satu bentuk dari macam-macam bentuk devosi ekaristi yang hidup dalam gereja katolik.

Bentuk devosi ekaristi  

Adapun bentuk devosi ekaristi dapat dibedakan menjadi dua macam yakni :

  1. Bentuk devosi ekaristi secara komunal atau dilakukan secara bersama-sama, yaitu meliputi adorasi ekaristi, prosesi atau perarakan sakramen mahakudus dan kongres ekaristi. Dalam bentuknya yang bersama ini, biasanya diberikan berkat sakramen mahakudus kepada umat.  
  2. Bentuk devosi ekaristi secara personal atau pribadi, seperti doa syukur sesudah komuni saat misa kudus, saat visitasi, atau kunjungan kepada sakramen mahakudus ( visitatio santiissimi
Mengapa disebut sebagai adorasi ekaristi ? Disebut adorasi ekaristi dikarenakan dalam ibadat atau doa ini kita bersembah sujud atau melakukan tindakan sujud untuk menyembah kepada Tuhan Yesus Kristus yang hadir dalam ekaristi mahakuudus. Hal ini bisa dipahami mengingat kata adorasi sendiri berasal dari Bahasa latin yakni adoration, yang berasal dari kata kerja adorare yang berarti menyembah atau bersembah sujud.

Posting Komentar untuk "Apa yang Dimaksud dengan Adorasi ? Berikut Penjelasannya "