Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Manfaat Permainan Lompat Tali Untuk Anak yang Jarang Kita Ketahui

Lompat tali merupakan permainan yang dapat melatih motorik kasar dan termasuk Cooperative or organized supplementary play atau kerja sama dalam bermain atau dengan aturan. Apa saja manfaat dari permainan ini ? Yuk baca sampai selesai.

Masa kanak-kanak adalah masa yang menyenangkan. Masa dimana hari-hari dipenuhi dengan kegembiraan. Banyak sekali waktu yang dihabiskan untuk bermain bersama teman-teman, sehingga masa ini menjadi masa yang akan selalu dikenang oleh setiap individu. 

Bermain merupakan aktivitas anak yang dilakukan dengan gerakan atau perbuatan tertentu untuk mendatangkan rasa puas, senang dan gembira. Dunia anak memang tidak bisa dipisahkan dengan bermain. Permainan merupakan kesibukan yang dipilih tanpa adanya unsur paksaan, tanpa didesak oleh rasa tanggung jawab serta tidak memiliki tujuan tertentu.

Manfaat Permainan Lompat Tali

Dewasa ini, mungkin kita akan semakin jarang bisa melihat permainan tradisional yang dimainkan oleh anak-anak terutama di kota-kota besar. Kemajuan teknologi membuat permainan seperti lompat tali, petak umpet serta permainan kelereng sedikit demi sedikit harus rela tersingkir. Anak-anak lebih memilih bermain permainan yang ada di ponsel mereka atau bermain video game serta game online. Sebenarnya ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari permainan tradisional dibandingkan dengan permainan modern saat ini. 


Salah satu permainan tradisional yang dulu banyak dilakukan terutama oleh anak-anak perempuan adalah lompat tali. Tidak ada yang mengetahui secara pasti darimana permainan ini berasal. Permainan lompat tali dapat melatih motorik kasar anak. Hal ini dapat diamati dari keseimbangan, kekuatan tubuh dan kelincahan anak.

 

Cara Bermain Lompat Tali

Sebelum permainan dimulai, terlebih dahulu akan dipilih dua orang pemain yang akan menjadi pemegang dengan cara gambreng dan suit. Setelah itu, kedua orang tadi mulai berdiri saling berhadapan dengan memegang tali yang tersedia. Kedua pemain yang menjadi pemegang tali melakukan pingsut untuk menentukan siapa yang akan mendapat giliran bermain terlebih dahulu jika ada pemain yang gagal melompat. Selanjutnya, kedua pemain yang menjadi pemegang tali merentangkan tali karet dan para pemain harus melompati satu per satu. 

Ketinggian yang harus dilompati mulai dari pada pertama, batas lutut pemegang tali, pemain tidak boleh menyentuh tali. Kedua, tali berada sebatas pinggang dan tidak boleh kena tali. Ketiga tali berada di dada pemegang tali, pemain boleh mengenai tali waktu melompat. Keempat, posisi tali di sebatas telinga. Kelima, posisi tali sebatas kepala. Keenam, posisi sejengkal dari kepala. Ketujuh, posisi tali dua jengkal dari kepaka. Kedelapan, posisi tali seacungan atau hasta pemegang tali.

Apa Saja yang Dibutuhkan Untuk Bermain Lompat Tali?

Peralatan
Peralatan yang digunakan dalam permainan ini adalah karet- karet gelang yang dianyam memanjang. Cara menganyamnya adalah dengan dengan menyambungkan dua buah karet pada dua buah karet lainnya hingga memanjang dengan ukuran sekitar 3-4 meter. Karet-karet tersebut berbentuk bulat seperti gelang yang banyak terdapat di pasar-pasar tradisional.

Tempat
Permainan ini membutuhkan tempat yang lumayan luas. Idealnya dilakukan pada halaman rumah, bisa juga di lapangan dengan alas tanah serta rerumputan, karena apabila pemain terjatuh tentunya akan terluka apabila alasnya mistar. Untuk keamanan dalam bermain, batu-batu atau benda tajam yang ada di sekitar halaman harus disingkirkan, karena permainan ini dilakkan tanpa alas kaki.

Pemain
Dalam permainan lompat tali, tidak dibatasi jumlahnya. Permainan ini dapat dilakukan secara berkelompok maupun seorang diri.

Manfaat Permainan Lompat Tali

Adapun manfaat dari permainan lompat tali adalah sebagai berikut :

1. Melatih motorik kasar. Permainan lompat tali adalah suatu kegiatan yang baik bagi tubuh. Dengan bermain lompat tali, motorik kasar seorang anak akan terstimulasi dengan baik sehingga secara fisik anak akan semakin terampil karena bisa belajar cara dan teknik melompat yang dalam permainan ini memang memerlukan keterampilan tersendiri. Lama-kalamaan apabila permainan ini sering dilakukan, anak akan tumbuh semakin cekatan, tangkas dan dinamis. Otot-otot pun padat berisi, kuat serta terlatih. Lompat tali juga dapat membantu mengurangi gejala obesitas.

2. Menumbuhkan keberanian. Untuk melakukan suatu lompatan yang lebih tinggi, dibutuhkan keberaniaan si anak. Sehingga secara emosi dia dituntut untuk membuat suatu keputusan yang besar, mau melakukan tindakan melompat atau tidak.

3. Melatih ketelitian. Anak juga belajar melihat suatu ketepatan dan ketelitian. Misalnya bagaimana ketika tali diayunkan, ia dapat melompat sedemikian rupa supaya tidak sampai terjerat dengan berusaha mengikuti ritme ayunan. Makin cepat ayunan tali maka semakin cepat ia harus melompat.

4. Melatih hidup bersosial. Untuk bermain tali secara berkelompok, anak membutuhkan teman yang berarti hal tersebut memberikan kesempatan kepadanya untuk bersosialisasi. Ia dapat belajar berempati, bergiliran, mentaati aturan dan lainnya. 

5. Melatih kemampuan matematis. Saat melakukan lompatan, terkadang anak memerlukan perhitungan secara matematis agar lompatannya sesuai dengan jumlah yang ditentukan dalam aturan permainan. Umpamanya anak harus melakukan tujuh kali lompatan saat tali diayunkan, apabila lebih atau kurang, maka otomatis dia akan menjadi pemegang tali.

6. Melatih semangat kerja anak, karena ini adalah permainan dimana ada yang menang dan yang kalah. Anak-anak tentu akan menjadi semangat ketika ia memenangkan permainan dan mendapat kegembiraannya.

7. Membangun sportivitas anak. Pembelajaran mengenai sportivitas ini diperoleh ketika harus mengantikan posisi pemegang tali ketika ia gagal melompat tali.

8. Menciptakan emosi positif bagi anak. Sebab ketika bermain lompat tali, anak bergerak, berteriak dan tertawa. Gerakan tawa dan teriakan ini sangat bermanfaat untuk membuat emosi anak menjadi positif.

Kesimpulan

Mengingat banyaknya manfaat dari permainan lompat tali, ada baiknya kita kembali mengenalkan jenis permainan tradisional tersebut kepada anak-anak kita. Harapannya, dengan bermain dengan permainan yang tepat mereka dapat tumbuh secara optimal baik itu dalam kemampuan motorik maupun kognitif

Posting Komentar untuk "8 Manfaat Permainan Lompat Tali Untuk Anak yang Jarang Kita Ketahui"