Apa Saja Tujuan dan Manfaat Pembelajaran Micro ? Berikut Penjelasannya

Apa sih arti dari pembelajaran mikro? Menurut Brown ( 1978 ); Andal dan Ananda ( 2014 ) pembelajaran mikro atau microteaching dapat digambarkan sebagai situasi mengajar dalam skala kecil, dimana seorang calon guru mengajarkan materi pelajaran secara singkat kepada sekelompok kecil peserta didik atau bahkan peserta didik dapat teman atau sesamanya sendiri.

Apa Saja Tujuan dan Manfaat Pembelajaran Micro


Pembelajaran micro sebagai salah satu teknik atau prosedur pelatihan mengajar, yang dirancang baik untuk pelatihan dalam pendidikan calon guru maupun pendidikan guru dalam jabatan. Saban & Coklar ( 2013 ) mengemukakan tujuan dari pembelajaran micro adalah untuk menyediakan kesempatan bagi mereka untuk berlatih praktik belajar yang aman dalam berbagai keterampilan mengajar, sambil belajar bagaimana mengembangkan satu konsep pembelajaran dalam setiap subjek pengajaran. Pengajaran micro membantu mereka untuk meningkatkan baik keterampilan menyampaikan materi pembelajaran, metode pembelajaran dan mengembangkan keterampilan mengajar tertentu, seperti untuk membuat pelajaran lebih menarik, teknik penguatan yang lebih efektif, membuka dan menutup pelajaran secara efektif dan sebagainya.

Tujuan lain dari pelaksanaan pengajaran mikro adalah diantaranya memberikan kepercayaan, dukungan, dan umpan balik dengan membiarkan calon guru mencoba mempraktekkan salah satu keterampilan diantara teman dan kolega secara singkat dari apa yang telah mereka rencanakan. Idealnya, pembelajaran mikro dilakukan sebelum hari pertama mengajar yang sesungguhnya, dan direkam untuk ditinjau secara individual dengan konsultan yang berpengalaman dalam mengajar. 

Dengan demikian tujuan pembelajaran mikro pada umumnya adalah untuk pembentukan profesionalitas guru sedangkan sasaran yang hendak dicapai adalah :  Calon guru agar memiliki seperangkat pengetahuan, keterampilan, nilai, sikap serta tingkah laku yang diperlukan bagi profesinya serta cakap dan tepat menggunakannya dalam tugas dan perannya di sekolah.
Selain beberapa tujuan umum diatas, terdapat beberapa tujuan khusus dari pembelajaran mikro, diantaranya adaalah : 

  • Menganalisis tingkah laku mengajar kawan sejawat dan dirinya sendiri.
  • Mempraktikkan berbagai teknik mengajar dengan benar dan tepat.
  • Mewujudkan situasi belajar-mengajar yang efektif dan efisien.

Beberapa hasil dari penelitian menurut Saban & Coklar ( 2013 ); ( Setiawan 2011 ) menunjukkan bahwa pembelajaran mikro memberikan pengaruh positif dalam melatih keterampilan mengajar di kelas. Saban & Coklar ( 2013 ) mencatat hasil riset tentang manfaat pembelajaran mikro, diantaranya adalah :

Manfaat Pembelajaran Micro
  1. Korelasi antara pembelajaran mikro dan praktik keguruan sangat tinggi. Artinya calon guru yang berpenampilan baik dalam pembelajaran mikro, akan baik pula dalam praktik belajar di kelas. 
  2. Calon guru yang lebih dahulu menempuh program pembelajaran mikro, ternyata lebih baik dan lebih terampil bila dibandingkan dengan calon guru yang tidak mengikuti pembelajaran mikro.
  3. Calon guru yang menempuh pembelajaran mikro menunjukkan prestasi mengajar yang lebih tinggi.
  4. Bagi calon guru yang telah memiliki kemampuan tinggi dalam melaksanakan pembelajaran, pembelajaran mukro kurang bermanfaat.
  5. Setelag mengikuti pembelajaran mikro, calon guru dapat menciptakan interaksi dengan peserta didik dengan lebih baik lagi.
  6. Penyajian model rekaman mengajar lebih baik daripada model lisan sehingga lebih signifikan dengan keterampilan mengajar.   
Itulah tadi sedikit penjelasan mengenai tujuan dan manfaat dari pembelajaran mikro. Terimakasih

Belum ada Komentar untuk "Apa Saja Tujuan dan Manfaat Pembelajaran Micro ? Berikut Penjelasannya"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel