Skip to main content

Contoh Susunan Acara Peringatan HUT RI ( 17 Agustusan ) lengkap dengan naskahnya

Memasuki bulan Agustus, kita semua terutama warga negara Indonesia tentu akan disibukkan dengan acara peringatakan hari kemerdekaan bangsa Indonesia atau proklamasi kemerdekaan yang jatuh pada tanggal 17 Agustus. Dalam tradisi, ada banyak sekali acara rutin yang biasa digelar, diantaranya adalah upacara bersih desa, malam tirakatan, upacara bendera serta aneka lomba untuk memeriahkan ulang tahun bangsa dan negaara Republik Indonesia.   

Contoh Susunan Acara Peringatan HUT RI ( 17 Agustusan )
Karena merupakan acara dan agenda yang setiap tahun digelar secara rutin, maka tidak heran, biasanya panitia penyelenggara sudah dari jauh-jauh hari dalam mempersiapkan susunan acara peringatan HUT RI atau peringatan 17 Agustus an baik itu untuk upacara bendera maupun untuk keperluan peringatan dan acara lainnya.

Persiapan seperti proposal kegiatan untuk penggalangan dana serta waktu dan tempat kegiatan tentu sudah dipersiapkan minimal satu bulan sebelum hari H agar acara yang akan digelar bisa berjalan dengan lancar. Untuk upacara bendera sendiri, maka hal yang paling penting yang perlu dipersiapkan adalah para petugas upacara, teks atau naskah proklamasi yang akan dibacakan serta siapa saja tokoh yang perlu kita undang untuk hadir dalam upacara tersebut.

Untuk malam tirakatan maka hal yang perlu dipersiapkan panitia diantaranya adalah tempat, sarana prasarana yang dibutuhkan, serta khusus untuk pembawa acara maka penting bagi kita untuk mempersiapkan susunan acara 17 Agustus 1945 lengkap dengan kata sambutannya. 

Bagi anda yang bertugas sebagai pembawa acara atau MC dalam sebuah acara peringatan HUT RI atau acara 17 Agustusan, maka anda harus membuat susunan acara yang akan dilakukan agar semua bisa berjalan dengan lancar. Keberhasilan suatu acara tidak lepas dari persiapan yang matang. Oleh karenanya sebaiknya anda mempersiapkan segalanya dengan baik dan penuh ketelitian. Anda yang masih bingung dengan konsep acara yang akan dilakukan, dikesempatan kali ini, yosefpedia akan sedikit memberikan gambaran mengenai susunan acara peringatan 17 Agustus lengkap dengan kata sambutannya. Berikut uraiannya :

Contoh Susunan Acara Peringatan 17 Agustus 1945

Pembukaan, salam pembuka. Marilah pertama-tama kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah  Subhahanahu wa Ta'ala atas limpahan berkatnya, kita bisa berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat tanpa kekurangan suatu apapun. Di kesempatan kali ini, kita berkumpul di tempat ini untuk ikut serta memperingati dan memeriahkan acara kemerdekaan Negara Republik Indonesia yang ke 74. Terimakasih kami ucapkan kepada Gunawan Sani sebagai kepala desa, para donatur dan sponsor yang telah membantu untuk keberlangsungan acara ini. Terimakasih juga untuk panitia serta seluruh warga desa yang hadir. Semoga acara hari ini bisa berjalan dengan baik dan lancar. Sebelumnya izinkanlah kami membacakan terlebih dahulu susunan acara yang akan kita lewati bersama.  Berikut susunan acara Peringatan HUT Republik Indonesia Desa Sukamaju


  1. Pembukaan
  2. Pembacaan doa
  3. Menyanyian lagu Indonesia raya
  4. Mengheningkan cipta
  5. Sambutan-sambutan
  6. Acara Intis ( Doa bersama & potong tumpeng )
  7. Pembagian doorprice / hadiah
  8. Panggung Hiburan
  9. Istirahat
  10. Penutup dan Doa

Pembacaan Doa. Untuk memperingkat waktu acara pada kesempatan hari ini, marilah kita berdoa menurut agama dan kepercayaan kita masing-masing. Berdoa akan dipandu oleh saudara Ilham, kepada saudara Ilham waktu dan tempat kami persilahkan.

Menyanyikan lagu Indonesia Raya. Terimakasih kepada saudara Ilham yang telah bersedia memimpin doa. Semoga dengan doa-doa yang telah kita panjatkan, acara hari ini dapat berjalan dengan lancar. Acara berikutnya adalah menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mengheningkan cipta. Hadirin dipersilahkan untuk berdiri. ( Lagu dinyanyikan ) 

Mengheningkan cipta. Selanjutnya, untuk mengenang akan jasa para pahlawan. Mengheningkan cipta, mulai. Selesai. Hadirin diperkenankan duduk kembali.

Sambutan-sambutan. Menginjak acara selanjutnya, adalah sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama akan disampaikan oleh saudara Jonas sebagai ketua panitia. Dilanjutkan oleh Bapak Gunawan selaku kepala desa Sukamaju. Dan terakhir sambutan akan disampaikan oleh Bapak Budiana sebagai Lurah Desa Gumul. Kepada saudara Jonas, waktu dan tempat kami persilahkan.

( Dalam acara sambutan. Etikanya dimulai dari lingkup yang terkecil terlebih dahulu. Yakni dari koordinator acara, dilanjutkan dari penanggung jawab diatasnya yakni kepala desa barulah sambutan tamu undangan dari luar desa. Dalam hal ini adalah jabatan lurah )   

Doa bersama. Terimakasih kepada saudara Jonas, Bapak Gunawan serta Bapak Budi yang telah memberikan sepatah dua patah kata pada kesempatan kali ini. Acara hari ini dilanjutkan dengan doa bersama yang akan dipimpin oleh Bapak Abdul Gofur, Lc. Dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng yang dipimpin oleh Bapak Gunawan sebagai kepala desa. Kepada Bapak Abdul Gofur waktu dan tempat kami persilahkan.

Pemotongan tumpeng. Terimakasih kepada Bapak Abdul Gofur Lc yang telah bersedia memimpin doa. Selanjutnya adalah acara pemotongan tumpeng sebagai rasa ungkapan syukur kita, atas kemerdekaan bangsa dan negara Indonesia telah kita nikmati sampai dengan hari ini. Kepada Bapak Abdul Gofur selaku kepala desa Sukamaju serta kepada saudari Nuraini saya persilahkan untuk maju ke panggung. Secara simbolis, tumpeng  akan diberikan kepada generasi muda sebagai simbol bahwa perjuangan kita dalam menjaga kemerdekaan akan senantiasa berlanjut dari generasi ke generasi. Waktu dan tempat kami persilahkan.

Pembagian Dorprice / Hadiah. Acara dilanjutkan dengan pembagian hadiah pemenang dari lomba yang telah dilaksanakan pada siang hari ini. Pembagian hadiah akan dipimpin oleh saudara Andri sebagai koordinator lomba dibantu oleh saudari Dian. Waktu dan tempat kami persilahkan. ( Nama / jenis lomba disebutkan dan kepada para pemenang yang telah disebutkan, diharapkan untuk maju ke depan )

Istirahat dan Panggung Hiburan. Saya ucapkan selamat kepada para pemenang lomba acara 17 an dalam rangka memperingati HUT RI yang telah diadakan siang hari tadi. Acara selanjutnya adalah istirahat dan hiburan. Sambil menikmati hiburan yang telah dipersiapkan, kami mohon kepada para muda-mudi Desa Sukamaju untuk kesediaannya membantu menyajikan makanan dan minuman. Terimakasih.

Penutup & Doa. Demikian tadi rangkaian acara peringatan HUT RI yang ke 74 desa Sukamaju. Acara demi acara telah kita lewati bersama dan pada akhirnya, sampailah kita di penghujung acara. Marilah kita tutup acara pada malam hari ini dengan berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan kita masing-masing. Saya Aditya Krisna selaku pembawa acara mengucapkan banyak terimakasih atas partisipasi dari Bapak, Ibu, saudara-saudari warga Desa Sukamaju, kepada tamu undangan dan kepada panitia yang telah mempersiapkan acara hari ini dengan baik. Saya juga mohon maaf apabila dalam memimpin dan membawakan acara, banyak sekali perkataan dan tingkah laku saya yang menyinggung para hadirin sekalian. Terimakasih atas perhatiannya. Merdeka !!

" Wassalamu"alaikum warrahmatullahi wabarokatuh "   

Itulah contoh susunan acara dalam rangka memperingati HUT RI atau acara 17 Agustusan yang bisa rekan-rekan jadikan sebuah referensi. Tentu saja susunan acara tidak harus sama dengan format diatas.. Kita bisa menyesuaikan rangkaian acara sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada. Semoga informasi ini berguna bagi rekan-rekan yang saat ini sedang mempersiapkan acara perayaan 17 Agustusan. Persiapkan semuanya dengan baik agar acara yang akan diselenggarakan bisa berlangsung dengan lancar. Salam. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar