Biografi Charles Babbage, penemu komputer pertama di dunia

Berbicara mengenai sejarah penemuan komputer pertama kali di dunia memang sangat menarik untuk kita simak. Komputer sangat berperan dalam mempermudah pekerjaan manusia modern. Kali ini yosefpedia akan mengulas secara singkat mengenai biografi Biografi Charles Babbage. Dia adalah penemu komputer pertama di dunia.

Biografi Charles Babbage
Charles Babbage merupakan imuwan penemu mesin komputer pertama kali di dunia. Pada awalnya komputer berfungsi sebagai mesin hitung digital layaknya sebuah kalkulator otomatis. Kalkulator inilah yang menjadi cikal bakal perkembangan komputer yang kita kenal sampai saat ini. Seiring dengan perkembangannya, komputer tidak hanya digunakan sebagai mesin hitung digital atau mesin pengelola data saja, melainkan menjelma menjadi piranti yang dapat digunakan untuk menjalankan tugas-tugas yang lebih kompleks.


Charles Babbage lahir di negara Inggris tepatnya di Soutwark, London. Dia lahir pada tanggal 26 Desember 1791. Lahir sebagai anak seorang bankir dari ayahnya yang bernama Benjamin Babbage. Dari kecil Charles Babbage menaruh kecintaan terhadap matematika sehingga dalam hal ini nilainya lebih menonjol dibandingkan dengan mata pelajaran lainnya. Bahkan beberapa sumber menyebutkan kemampuannya dalam pelajaran matematika lebih tinggi dibandingkan dengan gurunya sendiri.


Charles Babbage  sebagai penemu komputer yang pertama kali di dunia tumbuh menjadi seorang ahli matematika pada usia 20 tahun. Lebih spesifik dia menekuni bidang kalkulus. Di zaman Charles Babbage terdapat tingkat kesalahan yang sangat tinggi dalam perhitungan tabel matematika. Charles Babbage berencana untuk menemukan metode baru yang dapat digunakan untuk menghilangkan faktor kesalahan manusia. Gagasan ini mulai menggelitik otaknya sejak dini. Babbage mempresentasikan sesuatu yang dia sebut " Difference Engine " kepada Royal Astronomical Society pada tanggal 14 Juni 1822 dan dalam sebuah makalah berjudul "Catatan tentang penerapan mesin ke perhitungan tabel astronomi dan matematis. Keberuntungan menghampirinya karena pada tahun 1816 dia terpilih menjadi anggota Royal Society, sebuah akademi sains yang independen di negara Inggris Raya.

komputer pertama di dunia

Ia mampu menghitung polinomial dengan menggunakan metode numerik yang disebut metode perbedaan. Pemerintah memberinya £ 1500 untuk penelitiannya. Pada tahun 1823, Charles Babbage mengubah salah satu ruangan di rumahnya menjadi sebuah lokakarya dan mempekerjakan Joseph Clement untuk mengawasi pembangunan mesinnya tersebut. Dia juga memerankan peran penting di Yayasan Astronomial Society, salah satu organisasi dan geofisika di Inggris Raya. 


Menciptakan mesin penyusun tabel matematika

Mesin yang diciptakan pertama kali oleh Charles Babbage adalah mesin yang dapat menyusun tabel matematika. Mesin itu diberi nama Difference Engine. Penyempurnaan mesin ini terus dilakukan hingga akhirnya pada tahun 1832 Charles Babbage mendapatkan ide untuk membuat mesin tersebut dapat menyelesaikan tidak hanya satu jenis melainkan berbagai jenis operasi aritmatika. Mesin hasil pengembangan dari mesin pertamanya tadi diberi nama Analytical Engine. Analytical Engine berarti mesin pemanipulasi simbol umum dan mempunyai karakteristik dari komputer modern.


Pada awalnya karya dari Charles Babbage kurang begitu dikenal oleh orang luas. Barulah pada tahun 1843, ketika karyanya diterjemahkan dan ditambahkan notes oleh Ada lovelace, mulailah karya Charles Babbage dikenal secara luas. Hal yang paling disayangkan adalah, sedikitnya peninggalan prototipe  Difference Engine pada saat itu, mengingat kebutuhan akan mesin ini melebihi teknologi yang tersedia pada masa itu. Pada saat itu pula, pemerintah negara Inggris menghentikan pembiayaan mesin Difference Engine, meskipun mesin ini dihargai oleh berbagai institusi sains di negara tersebut. Tidak hanya sampai disitu saja, pada tahun 1832 Pemerintah Inggris Raya bahkan menghentikan seluruh pembiayaan pembuatan mesin Charles Babbage serta menyisakan desain atau cetak birunya saja.


Perjalanan Hidupnya

Masalah Babbage dengan keuangan itu bertepatan dengan berbagai perselisihan pendapat dengan Joseph Clement. Charles Babbage telah membangun sebuah bengkel sepanjang dua kaki dengan panjang 50 kaki di belakang rumahnya. Bangunan itu memiliki atap kaca untuk penerangan, dan ruang bakar yang bebas debu untuk menampung mesin. Clement menolak untuk memindahkan operasinya ke bengkel baru tersebut dan meminta banyak uang untuk bepergian untuk mengawasi pembangunan proyek Babbage. Babbage menyarankan agar Joseph Clement menarik bayarannya secara langsung dari bendahara riset. Sebelum itu, Babbage biasa mendapatkan uang dari pemerintah yang akan dia gunakan untuk membayar Clement. Dia sering harus membayar Clement dari kantongnya sendiri saat dana dari pemerintah belum diterimanya. Namun Joseph Clement menolak permintaan tersebut dan berhenti bekerja.


Clement selanjutnya menolak menyerahkan gambar dan alat yang digunakan untuk membangun " Different Engine ". Setelah mendapatkan investasi sebesar £ 23000, termasuk uang sebesar £ 6000 dari uang Babbage sendiri, dia mau mengerjakan mesin yang belum selesai dan berhenti pada tahun 1834. Pada tahun 1842 pemerintah secara resmi meninggalkan proyek tersebut. Penemuan Babbage digunakan untuk membantu kampanye militer Inggris, dan tidak dipublikasikan sampai beberapa tahun kemudian, akibatnya kredit untuk pengembangan malah diberikan kepada Friedrich Kasiski, yang membuat penemuan yang sama beberapa tahun setelah Babbage.


Charles Babbage gagal membangun mesin yang lengkap meski memiliki kekayaan, posisi sosial serta dana pemerintah. Penyebabnya masih banyak diperdebatkan. Salah satunya adalah Charles Babbage adalah karakter berduri, berprinsip tinggi, mudah tersinggung ketika mendapat kritik dia anggap sebagai musuh-musuhnya. Selain itu, ia terlibat perselisihan dengan insinyurnya, pembiayaan yang terlambat, ketidakstabilan politik, tuduhan akan dendam pribadi, gangguan kredibilitas serta perbedaan budaya antara sains murni dan terapan diduga menjadi penyebabnya.



Beberapa hasil karya Charles Babbage  

Selain mesin hitung Charles Babbage juga menciptakan beberapa penemuan lainnya yang cukup bisa diperhitungkan. Salah satunya adalah sistem pos modern di negara Inggris, menyusun tabel asuransi pertama serta menemukan lokomotif cowcather. Alat ini berbentuk segitiga yang diletakkan di bagian depan lokomotif kereta api dan berfungsi sebagai alat untuk membersihkan rel dari berbagai gangguan seperti batu yang banyak terdapat di atas rel kereta. 

komputer pertama di dunia
Dia juga melakukan beberapa penelitian tentang Great Lakes Railway Kerajaan Inggris. Selain menyumbangkan berbagai ide di bidang elektronika, Charles Babbage  juga menyumbang banyak ide di bidang ekonomi dan politik. Dari tahun 1828 sampai 1839 Babbage menjadi profesor matematika Lucasian di Cambridge. Dia berkontribusi besar pada beberapa majalah ilmiah, dan berperan penting dalam mendirikan Society Astronomi.




Akhir masa hidupnya

Charles Babbage memberikan banyak sumbangsih baik itu di bidang ekonomi, industri perkereta apian serta dunia komputer, namun dibalik keberhasilannya, kegagalannya dalam membuat mesin hitung serte kegagalannya dalam mendapatkan bantuan dari pemerintah membuatnya merasa kecewa bahkan di akhir masa hidupnya. Beberapa kabar miring tentang Charles Babbage pun terdengar. Dia dicurigai menggunakan dana bantuan dari pemerintah bukan untuk mengembangkan penelitiannya melainkan digunakan untuk hal lainnya.


Charles Babbage meninggal di London, Inggris pada tanggal 18 Oktober tahun 1871. Salah satu penghargaan yang diterima selama masa hidunya adalah The Lusia Chair of Mathematics dari Universitas Cambridge. Charles Babbage awalnya ingin menolak posisi tersebut namun setelah beberapa teman meyakinkannya untuk menerima, akhirnya dia mau menerima  penghargaan tersebut. Gelar tersebut merupakan gelar matematika paling beregengsi di dunia.


Itulah biografi singkat Charles Babbage sebagai penemu komputer pertama kali di dunia yang banyak memberikan kontribusi bagi umat manusia. Saat ini hampir sebagian besar dari kita sangat bergantung dengan alat yang bernama komputer. Atas jasa-jasanya tidak heran bahwa dia mendapat julukan "The Charles Babbage Foundation" atau bapak komputer dunia. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Biografi Charles Babbage, penemu komputer pertama di dunia "

Post a Comment