5 alasan mengapa seseorang harus berbisnis saat pensiunan dari PNS

Menjelang masa pensiun dari pekerjaan sebagai seorang PNS, seseorang harus menyiapkan rencana yang akan menjadi kesibukannya dirinya nanti setelah tidak lagi bekerja. Meskipun tidak memiliki kekuatan fisik sekuat dulu, bukan berarti anda tidak mampu lagi melakukan aktifitas. Banyak orang yang masih produktif di hari tua, dimana mereka sudah berada di masa pensiun. Beberapa diantara memilih untuk terjun dalam dunia bisnis. Mengapa mereka memilih bisnis di hari tua, dimana sebagian memilih untuk hidup santai menikmati masa tua mereka ??.

berbisnis menjelang pensiunan dari PNS


Kenyataannya, banyak mereka sukses berbisnis di hari tua yakni masa-masa pensiun. Karena biasanya di usia yang matang, mereka berorientasi dan berfokus tidak pada uang, melainkan bagaimana mencari kesibukan dan menyalurkan hobi mereka. Apakah anda mengatahui Kolonel Sander?? Beliau adalah pendiri KFC, restoran cepat saji yang kini sudah membuka cabang di beberapa negara di dunia. Beliau adalah salah satu contoh seorang yang sukses berbisnis di masa-masa pensiunnya. Kuncinya adalah, dia melakukan apa yang menjadi hobinya yakni memasak. Hal itulah yang menjadi motivasinya untuk membuat usaha di usianya yang tidak lagi muda. Semangat yang tinggi adalah salah satu pendorong yang kuat dalam hal ini.

Menurut hasil riset yang dilakukan di negara Amerika pada tahun 2011. Hal mengejutkan didapatkan. Dimana perusahaan yang didirikan oleh pengusaha yang berusia 55-64 tahun naik sekitar 6,6 % dimana pada tahun 1996 hanya sekitar 14,3% serta meningkat menjadi 20,9% pada tahun 2011. Hal ini membuktikan bahwa usia senja, atau usia dimana seseorang pensiun menjadi seorang PNS bukan menjadi halangan untuk bisa memulai usaha. Ada beberapa alasan mengapa di masa tua atau dimasa sudah pensiun menjadi PNS kita perlu berbisnis. Berikut alasannya :

5 alasan mengapa harus berbisnis saat pensiunan dari PNS 


1. Memilki banyak relasi. Tidak bisa dipungkiri, masa-masa pensiun seseorang akan mempunyai banyak teman baik itu dari teman kerja maupun teman dalam bidang lain sebagai contoh bidang kemasyarakatan. Hal ini tentu bisa menjadi jaringan bisnis tersendiri, yang memudahkan mereka yang ingin mengembangkan usaha yang ingin mereka rintis.

2. Memiliki banyak pengalaman dan bidang keahlian. Setelah bertahun-tahun bekerja, anda tentu mempunyai banyak pengalaman, keahlian, serta penilaian yang lebih rinci disertai dengan kinerja yang lebih teruji untuk mendukung usaha yang anda rintis.

3. Bisa menyalurkan pasion kita. Setelah sekian lama bekerja di bawah tekanan sebagai seorang pegawai yang mungkin saja pekerjaan tersebut bukan menjadi pasion kita. Kini setelah pensiun menjadi seorang PNS, banyak orang yang tertarik mendirikan usaha sesuai dengan ketertarikan mereka terutama untuk menyalurkan hobi yang mereka miliki. Sehingga dalam menjalankan bisnis mereka dapat merasa nyaman, senang, santai dan bertambah bersemangat karena mereka bekerja tanpa adanya tekanan. 

4. Bekerja untuk diri sendiri dan mempunyai kepuasan tersendiri. Setelah sekian lama bekerja untuk orang lain ataupun instansi pemerintahan, kini saatnya anda bekerja untuk diri sendiri serta untuk kepuasan diri sendiri. Anda bisa bertindak sesuai dengan kebijakan yang anda inginkan dengan membuka usaha setelah pensiun dari PNS. Dengan memiliki usaha sendiri, kita juga bisa memperoleh kepuasan, karena kita memiliki kendali penuh terhadap bisnis yang kita rintis.

5. Masih menurut hasil survei. Hampir 80% orang yang berusia 55 tahun memilih bekerja paruh waktu untuk mengisi waktu luang mereka setelah memasuki masa pensiun. Meski demikian, motivasi yang mereka miliki cukup bervariasi, ada yang ingin menyalurkan hobi mereka, ingin mendapatkan penghasilan tambahan ada pula yang sekedar ingin produktif di hari tua mereka. 

Itulah setidaknya 5 alasan mengapa pensiunan PNS harus setidaknya memiliki bisnis di masa pensiun mereka, tentunya agar bisa tetap produktif di hari tua. Masa-masa pensiun adalah masa dimana anda memperoleh kebebasan. Jangan merasa minder setelah pensiun, karena hidup anda masih sangat berarti dan anda masih bisa produktif di hari tua. Salah satunya dengan membuka usaha atau berbisnis.      

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 alasan mengapa seseorang harus berbisnis saat pensiunan dari PNS "

Post a Comment