contoh teks Ibadat sebelum misa pernikahan di gereja ( ibadat midodareni )

Salam sejahtera bagi rekan-rekan yang terkasih dalam nama Tuhan Yesus Kristus. Bagaimana dengan persiapan pernikahan yang sudah rekan-rekan rencanakan? Apakah persiapannya sudah cukup matang ?? Bagaimana dengan ibadat persiapan misa pernikahannya atau kita mengenalnya dengan istilah malam midodareni, apakah sudah dipersiapkan dengan baik?. Kali ini saya akan sedikit berbagi mengenai contoh bacaan teks malam midodareni atau ibadat sebelum misa pernikahan yang mana tentu akan sangat dibutuhkan saat acara berlangsung.

contoh teks Ibadat midodareni
ontoh teks Ibadat
Alasan saya menulis contoh teks badat sebelum pernikahan di gereja, tentu saja ingin memudahkan rekan-rekan semua dalam membuat bacaan yang mana akan dijadikan sebagai panduaan saat ibadat malam midodareni nanti. Berdasarkan pengalaman yang saya alami. Dalam membuat teks ibadat atau sebelum misa pernikahan. Kita tidak boleh sembarang dalam susunan, pemilihan lagu serta pemilihan bacaan injilnya. Sesuai dengan kebiasan di Gereja Katolik, ada beberapa bacaan injil yang dipilih untuk dijadikan bacaan dalam sebuah ibadat sebelum penerimaan sakramen perkawinan. Selain itu, untuk membuat suatu teks atau panduan, terlebih dahulu kita harus konsultasi kepada prodiakon atau romo yang akan memimpin ibadat nanti. Dengan begitu, beliau akan mengetahui apakah panduan yang kita buat sudah sesuai dengan susunan ibadat sebelum penerimaan sakramen perkawinan atau masih ada kekurangan yang harus kita benahi.

Contoh teks atau panduan yang saya lampirkan, sudah disetujui oleh romo serta sudah digunakan oleh beberapa rekan saya. Rekan-rekan pembaca blog ini dapat menggunakannya sebagai salah satu referensi. Semoga bermanfaat.

Contoh Teks Ibadat atau Misa Pernikahan di Gereja Katolik ( Ibadat Midodareni ) 

  • Lagu Pembukaan : Ajarilah Kami Tuhan Bahasa Cinta Kasih ( Madah Bakti 400 )
  • Tanda Salib ( + )  dan Salam

Pengantar
Prodiakon : Bapak, Ibu dan saudara sekalian yang terkasih dalam Yesus Kristus, keluarga Kristiani selalu menghadirkan dan menyertakan Tuhan dalam setiap langkahnya. Teristimewa pada saat peristiwa-peristiwa penting dalam hidupnya. Pada malam hari ini kita berkumpul disini, diundang oleh keluarga Bapak P dan Ibu P untuk bersama-sama memohon doa restu, berkat dan rahmat serta perlindungan dan pengayoman Allah Bapa di surga. Memohon doa restu leluhur, para kudus dan para malaikat, agar selalu yang berkaitan dengan hal pernikahan Ananda....dengan....besk pagi dapat berjalan dengan baik dan lancar.   

Bersama-sama dengan kita, keluarga ini juga ingin menghadirkan dan menyertakan Tuhan dalam pernikahan ini, dan kita semua berdoa, semoga Tuhan selalu melimpahkan rahmatNya kepada keluarga ini, terutama kepada calon mempelai yang besok akan menerima berkat pernikahan secara gerejawi.  

Doa Pembukaan 
Prodiakon : Marilah kita berdoa
Allah Bapa yang maha pengasih, sumber cinta kasih sejati dan sumber kebahagiaan keluarga, kami bersyukur atas cinta yang telah kau tumbuhkan dalam hati calon pengantin ini. Sudilah engkau datang bersama para kudus dan para malaikatMu untuk memberkati hamba-hamba-Mu saudara.....dan....sebagiamana dulu Engkau datang dan memberkati pengantin di Kana lewat Yesus Kristus. 

Umat : SudilahEngkau hadir di tengah-tengah kami dan kuduskanlah umatMu, terlebih kedua calon pengantin ini, sebab campur tanganMu dalam kehidupan ini sungguh kami butuhkan. Demi Yesus Kristus, Tuhan dan pengantara kami, yang bersama Dikau dan Roh Kudus, hidup berkuasa kini dan sepanjang masa. Amin.

Bacaan Pertama ( Oleh lektor )

Pembacaan dari surat Rasul Paulus kepada jemaat di Kolose ( 3:13-17 ) 
Saudara-saudara, sebagai orang-orang pilihan Allah yang dikuduskan dalam kasihNya, kenakanlah belas kasihan, kemurahan, kerendahan hati, kelemah lembutan dan kesabaran. Sabarlah kamu terhadap orang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain. Sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian. 
Dan diatas semua itu, kenakanlah kasih, sebagai pengikat yang mempersatukan dan menyempurnakan. Hendaklah damai sejahtera Kristus memerintahkan dalam hatimu, karena untuk itulah kamu telah dipanggil menjadi satu tubuh. Dan bersyukurlah. Hendaklah perkataan Kristus diam dengan segala hikmat mengajar dan menegur seorang akan yang lain dan sambil menyanyikan mazmur dan puji-pujian dan nyanyian Rohani, kamu mengucap syukur kepada Allah di dalam hatimu. Dan segala sesuatu yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan, lakukanla semua itu dalam nama Tuhan Yesus, sambil mengucap syukur oleh Dia kepada Allah, Bapa kita.

Demikianlah sabda Tuhan
Syukur kepada Allah 

Lagu antar bacaan ( Madah Bakti 211 )
Bait Pengantar Injil

P : Alleluia, Alleluia, Alleluia
U : Alleluia, Alleluia, Alleluia
P : Semoga Bapa Tuhan kita Yesus Kristus menerangi mata hati kita, supaya kita memahami pengharapan yang terkandung dalam panggilan kita
U : Alleluia

Bacaan Injil 
: Tuhan sertamu
U : Dan sertamu juga
P : Inilah injil Yesus Kristus menurut Santo Yohanes ( 15:9-17 )
U : Dimuliakanlah Tuhan

Sekali peristiwa, Yesus bersabda kepada murid-muridnya. " Seperti Bapa telah mengasihi aku, demikianlah juga Aku telah mengasihi kamu. Tinggallah didalam kasihKu itu. Jikalau kamu menuruti perintahKU, kamu akan tinggal di dalam kasihKu, seperti Aku menuruti perintah Bapaku dan tinggal di dalam kasihNya. Semua itu kukatakan kepadamu, supaya sukacita ada di dalam kamu dan sukacitamu menjadi penuh. Inilah perintahku, yaitu supaya kamu saling mengasihi, seperti aku telah mengasihi kamu. Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya. Kamu adalah sahabatKu, jika kamu berbuat apa yang kuperintahkan kepadamu. Aku tidak lagi menyebut kamu sebagai hamba, karena hamba tidak tahu, apa yang diperbuat oleh tuannya. Tetapi aku menyebut kamu sahabat, karena Aku telah memberitahukan kepada kamu segala sesuatu yang Aku dengar dari Bapa-Ku. Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih Kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buaj dan buahmu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam namau, diberikan-Nya kepadamu. Inilah perintah-Ku kepadamu : Kasihilah seorang dengan yang lain."

P : Berbahagialah orang yang mendengar sabda Tuhan, dan tekun melaksanakannya
U : Sabdamu adalah jalan, kebenaran dan hidup kami.

Homili   

Pemberkatan Calon Mempelai
Prodiakon : Saudara-saudari yang terkasih, marilah kita sekarang mendampingi saudara-saudari kita, kedua calon mempelai yang besok pagi akan menerima rahmat sakramen perkawinan dengan doa kita bersama. Marilah kita memohon berkat dan restu dari Allah sendiri melalui paa kudus dengan doa litani kepada para kudus. Seoga Bapa yang Mahakuasa dan Maharahim mengasihani dan membantu mereka dalam menjalani panggilan suci untuk mengaruhi bahtera hidup berkeluarga. 

P : Tuhan kasihanilah kami                                U : Tuhan kasihanilah kami
P : Kristus Kasihanilah kami                              U : Kristus Kasihanilah kami
P : Tuhan kasihanilah kami                                 U : Tuhan kasihanilah kami 

Santa Maria, Bunda Allah                                     Santo Perpetua dari Felisit 
Santo Mikael                                                         Santa Agnes
Para Malaikat Allah yang kudus                           Santo Agustinus
Santo Yohanes Pembabtis                                   Santo Athanasius
Santo Yusuf                                                          Santo Basilius 
Santo Petrus dan Paulus                                      Santo Martinus
Santo Yohanes dan Yakobus                                Santo Benedictus 
Santo Andreas                                                      Santo Fransiskus dan Dominikus
Santo Yohanes                                                      Santo Fransiskus Xaferius
Santa Elisabeth                                                     Santo Yohanes Maria Vianey
Santa Maria Magdalena                                        Santa Chatarina dari Siena
Santo Stefanus                                                      Santa Theresia dari Avila
Santo Ignatius dari Anthiokia                                 Santa Lucia
Santo Laurentius                                                   Santa Veronica
Semua Para Kudus

( Umat : Doakanlah kami

Tuhan yang Maha Rahim
Dari segala kejahatan
Dari segala dosa
Dari kematian kekal
Karena wafat dan kebangkitanMu
Karena kedatangan Roh Kudus
Kami orang berdosa
Semoga para pilihanMU kau lahirkan kembali dalam pembabtisan suci 
Yesus putera Allah yang hidup
( Umat : Bebaskanlah kami umatmu )

Kristus dengarkanlah kami                                    U : Kristus dengarkanlah kami 
Kristus kabulkanlah doa kami                               U : Kristus dengarkanlah kami 

Pemberkatan Calon Mempelai

Prodiakon : Saudara-saudari yang terkasih, marilah kita berdoa untuk memohon berkat dan rahmat, bagi saudara kita kedua calon mempelai ini.
Prodiakon : Tuhan sertamu
Umat : Dan sertamu juga
Prodiakon : Marilah berdoa, Allah Bapa yang Maha pengasih, sudilah Engkau memberkati calon mempelai ini dengan segala berkat kasih-Mu sendiri. Semoga mereka saling membantu di dalam membangun keluarga katolik yang sejati. Semoga para kudus di surga merestui niat kedua calon mempelai ini untuk membangun hidup berkeluarga. Semoga para malaikat juga senantiasa  membimbing serta melindungi perjalanan hidup mereka berdua, agar terhindar dari segala percobaan yang dapat mengganggu ketentraman hidup mereka sekeluarga. Semua ini kami panjatkan kepadaMu demi Yesus Kristus Tuhan dan pengantara kami.
U : Amin 

( Kemudian prodiakon memberkati kedua mempelai dengan memerciki mereka dengan air suci yang telah diberkati )

Doa Umat : 

P : Saudara-saudara yang terkasih, marilah kita mohon berkat bagi calon pengantin, supaya Allah Bapa yang Maha Pengasih memberikan berkat kepada calon pengantin.
P : Pertolongan kita pada nama Tuhan
U : Yang menjadikan langit dan bumi
P : Allah Bapa, Engkau berkenan supaya laki-laki dan perempuan bersatu dalam kasihMu. Semoga calon pengantin ini membuka hati menanggapi panggilan suci ini.
U : Amien
P : Allah Bapa Engkau selalu menjaga hidup anak-anakMu. Semoga calon pengantin ini selalu sehat dan kelak dapat melaksanakan kewajibannya, membina keluarga dan mengabdi kepada masyarakat serta berusaha membina hidup berkeluarga sesuai dengan kehendakMu.
U : Amien
P : Allah yang maha pengasih, sudilah memberkati kedua calon pengantin ini agar kelak menjadi ibu yang penuh dengan cinta kasih kepada putera-puterinya, istri yang setia kepada suaminya dan bertaqwa kepadaMu. Dan semoga mereka berdua saling memahami dan menghagai dalam membangun keluarga Katolik yang sejati
U : Amien

Doa Calon Mempelai Putri
Putri : Allah yang Maha Pengasih, engkau telah menetapkan seorang pria sebagai jodohku. Dia memilihku untuk menjadi seorang teman hidup dan dialah pula yang menjadi pelindungku serta ayah bagi anak-anakku nantinya. Jagalah dia selalu dalam rahmatMu, agar dia selalu kau jauhkan dari segala bahaya dan teguhkanlah ia dalam kebaikan. Jagalah dan lindungilah aku, supaya aku bisa menjadi teman hidupnya yang penuh cinta dan pengertian sehingga layak menjadi kekasihku ini. Akhirnya ya Bapa, aku hanya berserah diri kepadaMu, sebab Engkaulah pencipta, penyelenggara dan pemelihara seluruh kehidupan ini. Kami mohon....
Umat : Kabulkanlah doa kami ya Tuhan.     
   
Doa Calon Mempelai Putra
Putra : Allah yang Maha kasih, Egkau telah menetapkan seorang wanita yang telah menjadi jodohku. Dia memilihku untuk menjadi seorang teman hidup dan dialah pula yang menjadi ibu bagi anak-anakku nanti. Jagalah dia selalu dalam rahmatMu, agar dia selalu kau jauhkan dari segala bahaya dan teguhkanlah ia dalam kebaikan. Jagalah dan lindungilah aku, supaya aku bisa menjadi teman hidupnya yang penuh cinta dan pengertian sehingga layak menjadi kekasihku ini. Akhirnya ya Bapa, aku hanya berserah diri kepadaMu, sebab Engkaulah pencipta, penyelenggara dan pemelihara seluruh kehidupan ini. Kami mohon....
Umat : Kabulkanlah doa kami ya Tuhan.   

Prodiakon : Demikianlah ya Bapa doa-doa yang telah dipanjatkan oleh calon mempelai beserta seluruh anggota keluarganya kehadiratMu. Semoga Engkau berkenan mengabulkan. Demi Yesus Kristus, Tuhan dan pengantara kami.
Umat : Amien   

Doa Penyerahan Keluarga

Prodiakon : Marilah kita berdoa
Umat : Ya Allah, Bapa sekalian insan, Engkau menciptakan manusia dan menghimpun kami menjadi satu keluarga, yakni keluargaMu sendiri. Engkau pun telah memberi kami keluarga teladan, yakni keluarga kudus di Nazaret, yang anggota-anggotanya sangat taqwa kepadaMu. Terimakasih Bapa atas teladan ini. Semoga keluarga ini senantiasa Engkau dorong meneladani keluarga kudus di Nazaret. Semoga keluarga ini dapat tumbuh menjadi keluarga Kristiani yang sejati. Yang dibangun atas dasar iman dan cinta kasih : Kasih antara dikau dan kasih antara anggota keluarga. Ajarilah kami hidup menurut injilmu, yaitu rukun, ramah, bijaksana, sederhana, saling menyayangi, saling menghormati, dan saling membantu dengan ikhlas hati. Hindarkan keluarga kami dari marabahaya dan malapetaka. Sertailah kami dalam suka maupun duka, tabahkanlah kami apabila keluarga kami berada dalam masalah. Bantulah kami agar kami bersatu padu dan sehati sejiwa. Hindarkanlah kami dari perpecahan dan percecokan. Jadikanlah keluarga kami batu yang hidup untuk membangun jemaatMu di lingkungan dan paroki. Semoga keluarga kami ikut ambil bagian dalam membangun Jemaatmu menjadi tubuh Kristus yang rukun dan bersatu padu. Berikan kepada keluarga kami rejeki yang cukup. Semoga kami sekeluarga selalu berusaha hidup baik di tengah masyarakat. Jadikanlah keluarga kami sebagai garam dan terang yang berdaya guna. Amien

Bapa Kami


Prodiakon : Ya Bapa, jadikanlah selalu kehendakMu, sebab itulah satu-satunya pedoman hidup kami. Semoga kami tak henti-hentinya berusaha supaya kehendakmu benar-benar terlaksana di dalam diri kami sendiri, di dalam keluarga dan di dalam lingkungan hidup kami. Sementara kami menantkan dengan rindu kedatangan penyelamat kami, Yesus Kristus.
Umat : Sebab engkaulah raja, yang mulia dan berkuasa untuk selama-lamanya.

Doa Penutup

Prodiakon : Marilah berdoa. Ya Allah Bapa yang Maha pengasih. Puji dan syukur kami haturkan kepadaMu, atas berkat dan rahmat yang telah Engkau berikan kepada kami. Terlebih berkat dan rahmat yang Engkau berikan kepada kedua calon mempelai. Bapa yang maha murah, kami mohon, semoga pelaksanaan penerimaan sakramen pernikahan yang akan dilaksanakan besok pagi secara gerejawi dapat berjalan dengan lancar tanpa kekurangan suatu apapun.
Umat : Berkatilah juga seluruh keluarga kami agar selalu diliputi kesucian, kesehatan, kegembiraan, kerukunan, lemah lembut, ramah tamah serta sikap taqwa kepadaMu sehingga kami pantas menjadi cerminan di dalam masyarakat. Demi Kristus, Tuhan dan pengantara kami sepanjang segala masa. Amien.

Salam Maria 3x


Berkat Penutup


Itulah contoh texs panduan dalam perayaan ibadat sebelum pernikahan atau kita sering menyebutnya sebagai malam midodareni. Semoga bisa menjadi salah satu referensi bagi rekan-rekan yang saat ini sedang sibuk mempersiapkan pernikahan. Semoga semuanya berjalan dengan lancar. Tuhan memberkati  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "contoh teks Ibadat sebelum misa pernikahan di gereja ( ibadat midodareni )"

Post a Comment