tidak selamanya di rumah sakit, 5 contoh pekerjaan perawat selain di rumah sakit

pekerjaan perawat selain di rumah sakit
Sampai dengan saat ini, masih banyak yang beranggapan bahwa jika sudah lulus dari perguruan tinggi, mahasiswa keperawatan dapat dipastikan akan bekerja di sebuah rumah sakit. Anggapan yang wajar, mengingat selama ini kita seringkali menemui profesi ini hanya ketika berobat di rumah sakit, maupun di sebuah poliklinik kesehatan. Kenyataannya tidak demikian. Tidak selamanya lulusan dari keperawatan bekerja di rumah sakit. Ada banyak intansi yang membutuhkan tenaga kerja perawat baik itu perawat terampil lulusan D3 mapun perawat profesional yang telah menempuh pendidikan di S1 keperawatan.

5 contoh pekerjaan perawat selain di rumah sakit

Saat ini banyak instansi yang membutuhkan lulusan tenaga keperawatan. Lulusan tenaga keperawatan dapat bekerja di luar rumah sakit namun dengan catatan masih dalam bidang kesehatan. Adapun contoh peluang kerja perawat selain di rumah sakit adalah :

  1. Sebagai ( Dosen ). Salah satu fungsi perawat adalah sebagai pendidik. Perawat bisa saja mengajar sebagai dosen apabila dia memiliki sertifikat sebagai pengajar dan telah menempuh pendidikan minimal S1 Keperawatan Ners. Namun prospek sebagai seorang pengajar di perguruan tinggi tentu saja lebih sedikit daripada perawat pelaksana di rumah sakit, mengingat jumlah perguruan tinggi kesehatan ilmu keperawatan lebih sedikit dibandingkan dengan kebutuhan perawat di sebuah rumah sakit.
  2. Sebagai pengajar di sekolah kejuruan ( SMK Kesehatan ). Pekerjaan lain yang membutuhkan lulusan keperawatan selain di rumah sakit adalah pengajar di sekolah kejuruan kesehatan. Memang saat ini sekolah kejuruan di bidang kesehatan bisa dibilang tidak sebanyak beberapa dekade silam. Meskipun demikian, mereka tetap saja membutuhkan tenaga keperawatan sebagai pengajarnya minimal berijazah S1 keperawatan.
  3. Menjadi Medical Representative (MR-ETH) pada suatu perusahaan obat atau alat kesehatan. Mungkin pembaca belum banyak mengetahui apa itu Medical Representative. Jadi Medical Representative memiliki tugas utama (job description) yakni mempromosikan produk yang dibawanya ke dokter, sehingga dokter tersebut mau meresepkan produknya. Memang pekerjaan ini tidak selalu dilakukan oleh lulusan keperawatan, namun lulusan keperawatan atau kesehatan lainnya akan diproritaskan dalam penerimaan atau proses rekruitmennya.
  4. Menjadi perawat yang bekerja di tambang. Kebutuhan akan pekerjaan perawat di pertambangan cukup banyak namun masih sedikit perawat yang mau bekerja disana karena lokasinya biasanya terisolir. Ada beberapa provider yang menyalurkan tenaga kesehatan terpercaya, sebagai contoh : International SOS, global doctor, medika plasa dan masih banyak lagi.  Untuk soal gaji, biasanya gaji perawat di tempat-tempat tersebut akan jauh lebih tinggi bila dibandingakan dengan perawat yang bekerja di suatu rumah sakit. Sebanding dengan pekerjaannya serta kesulitan kerja yang jauh dari tempat tinggal serta keramaian.
  5. Bekerja di asuransi kesehatan. Perawat juga berpeluang bekerja di asuransi kesehatan atau badan lainnya yang sejenis, misalnya bekerja di BPJS Kesehatan maupun BPJS Ketenagakerjaan. Tentu saja apabila bekerja di asuransi kesehatan kita tidak memberikan layanan kesehatan atau tindakan langsung kepada pasien. Melainkan harus bekerja dengan urusan data-data administratif terkait dengan kepesertaan dan anggota.
Itulah 5 contoh pekerjaan perawat selain di rumah sakit yang berhasil saya rangkum berdasarkan dari pengalaman saya dan rekan-rekan saya lulusan perawat. Semoga bisa memberikan sedikit gambaran bagi rekan-rekan yang sedang maupun yang ingin mendaftarkan kuliah di keperawatan. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "tidak selamanya di rumah sakit, 5 contoh pekerjaan perawat selain di rumah sakit"

Post a Comment