Berapakah biaya hidup di Kota Yogyakarta bagi mahasiswa ? apakah masih murah ?

Berapa sih biaya hidup di Kota Yogyakarta bagi Mahasiswa ? Berawal dari sebuah pertanyaan rekan saya yang ingin menguliahkan keponakannya di Kota Yogyakarta, saya tergelitik untuk menuliskan artikel ini. Tujuannya sederhana, yakni menyampaikan informasi yang sebenarnya mengenai biaya hidup sehari-hari di kota Yogyakarta atau kota yang sering juga disebut kota pelajar ini. Informasi ini sangat penting bagi calon mahasiswa dari luar daerah ataupun luar Pulau Jawa yang ingin sekali kuliah di Yogyakarta, mengingat kota ini masih menjadi primadona bagi sebagian besar pelajar di Indonesia untuk menuntut ilmu ke jenjang perguruan tinggi.

Ada banyak informasi yang bisa kita peroleh mengenai biaya hidup di Kota Yogyakarta di beberapa situs, namun saya rasa hal itu kurang detail. Sebagai contoh, untuk harga sewa kos - kosan di Kota Yogyakarta beberapa menyebutkan harga sewa berkisar 500 ribuan perbulan. Kenyataannya kos-kosan dibawah harga 500 ribuan perbulan masih banyak kita jumpai, tergantung lokasi dan fasilitas yang ditawarkannya.

Karena saya sudah 10 tahun akrab dengan kota ini dan dipastikan hampir setiap hari bolak-balik ke Kota Yogyakarta, saya mengetahui betul, berapa biaya hidup di Kota Yogyakarta. Dahulu saya sempat selama hampir 4 tahunan tinggal di daerah Jalan Kaliurang KM.14 dan menyewa sebuah kamar kos disana. Saat ini saya berdomisili di Klaten dan setiap hari ke Kota Yogyakarta. 

Biaya makan

Dimulai dari biaya untuk makan sehari-hari. Di Yogyakarta bisa dengan mudah kita jumpai kuliner dengan harga yang cukup terjangkau. Di mulai dengan angkringan, rumah makan padang atau warung lesehan kaki lima. Biaya sekali makan paling murah yakni di angkringan.  Untuk membeli satu bugkus nasi kucing, tiga macam gorengan dan segelas es teh, kita hanya perlu merogoh kocek 5000 rupiah. Dengan biaya 5000 rupiah, kita juga bisa membeli nasi uduk atau bubur ayam yang banyak dijajakan tiap pagi di beberapa area kampus. Namun bedanya belum dengan minumannya. Selain itu, rumah makan padang atau beberapa warung makan seperti soto ayam juga menawarkan harga yang murah. Untuk Soto ayam satu porsi, rata-rata mematok harga 7000 rupiah serta bila ingin makan di rumah makan padang dengan uang 10 ribu kita sudah bisa makan nasi sayur dengan lauk tempe dan telur. Selain itu, jangan lewatkan warung burjo yang banyak dikelola oleh "putra sunda" sebagai tempat makan yang buka 24 jam. Warung makan ini menjadi sahabat mahasiswa kampus dimana makanan yang dijajakan tergolong sangat murah dan cepat saji. Intinya dengan biaya 10 ribu rupiah, kita masih bisa makan secara layak di kota ini.

Bagaiamana dengan harga sewa kontrakan atau kos-kosan ?

Biaya sewa kos-kosan di tempat ini sangat bervariasi, tergantung dengan lokasi serta fasilitas yang ditawarkan. Biaya sewa kos-kosan biasanya dibayarkan pertahun atau ada juga yang membebankan dengan biaya perbulan. Untuk biaya kos-kosan paling murah yakni 250-300 ribu perbulan dengan kamar mandi luar atau tanpa kamar mandi. Sedangkan biaya sewa pertahunnya biasanya lebih murah. Selain itu, di kota ini banyak dijumpai penyewaan rumah yang bisa digunakan bersama-sama. Jadi bila kita ada teman berasal dari luar daerah dan menghendaki tinggal bersama, lebih baik menyewa sebuah rumah dibandingkan dengan menyewa kamar kos-kosan secara beramai-ramai. Biaya untuk menyewa rumah biasa dibayarkan satu tahun dimulai dengan harga 5 jutaan sampai 12 jutaan pertahunnya.

Untuk biaya selain diutarakan diatas seperti kebutuhan pakaian dan hiburan, Kota Yogyakarta menawarkan harga yang sangat terjangkau. Banyak toko-toko pakaian murah yang berjamuran di sudut-sudut kota. Di beberapa tempat juga menyediakan pakaian berkualitas atau pakaian distro yang rata-rata diambil dari daerah Bandung. Di Kota Yogyakarta juga banyak sekali tempat hiburan yang cukup murah, ada Taman Pintar, Kawasan terbuka Malioboro, dan tempat-tempat sejarah lainnya dengan biaya masuk yang masih sangat terjangkau.  


Kesimpulannya

Pada intinya, biaya hidup di Kota Yogyakarta bagi mahasiswa masih cukup murah atau terjangkau bila dibandingkan dengan biaya hidup di kota-kota besar lainnya. Untuk kebutuhan primer, dengan biaya Rp1.500.00: saya rasa cukup untuk hidup di Kota ini. Namun pada akhirnya, semua tergantung kepada pilihan kita masing-masing, apakah mau hidup hemat, atau hidup secara boros. Bagaimana menurut kalian?? apakah biaya hidup di Kota Yogyakarta masih murah ???

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berapakah biaya hidup di Kota Yogyakarta bagi mahasiswa ? apakah masih murah ?"

Post a Comment