yuk ketahui kekurangan dan kelebihan menggunakan temperated glass pada layar ponsel

Beberapa waktu lalu saya membeli temperated glass sebagai pelindung layar kaca ponsel android redmi milik saya yang telah saya gunakan selama kurang lebih 1,5 tahun. Memang ini kali pertama saya menggunakan temparated glass sebagai pelindung layar kaca ponsel. Ssebelumnya saya hanya menggunakan plastik mika sebagai pelindung, itupun hanya bertahan kurang lebih 1 tahunan . Setelah itu hampir setengah tahun ponsel saya tanpa pelindung layar sama sekali.
kekurangan dan kelebihan menggunakan temperated glass

Mengapa saya memilih menggunakan temperate glass sebagai pelindung layar kaca ponsel saya ? Tujuan yang pertama tentunya saya ingin memberikan perlindungan terhadap layar ponsel saya sehingga diharapkan layar ponsel saya dapat awet dan yang kedua adalah rasa ingin tahu karena saya belum pernah menggunakan temperated glass.

Perlu kita ketahui bersama bahwa beberapa produsen ponsel membekali produk-produk mereka dengan layar kaca anti gores yang diklaim kuat dan dapat tahan terhadap kerusakan seperti tergores ataupun tahan terhadap gesekan benda keras sekalipun. Kita mengenal beberapa merk dagang lembar kaca alkali seperti gorilla glass ataupun dragon tail glass. Namun apakah dengan menggunakan jenis kaca tersebut berarti layar ponsel kita tidak dapat rusak atau pecah ?

Jawabnya:  Tentu saja bisa !!.

Beberapa orang salah kaprah soal hal ini, beberapa beranggapan bahwa apabila ponsel mereka sudah dibekali dengan layar kaca antigores maka ponsel mereka tidak akan mengalami kerusakan. Layar kaca yang kita kenal memang tahan terhadap beberapa goresan termasuk benturan, namun untuk kekuatannya tentu ada batasannya. Kita seringkali melihat di youtube tentang beberapa video yang menunjukkan kekuatan sebuah ponsel yang tahan meskipun dibanting, digunakan alas untuk memotong buah tanpa mengalami kerusakan sedikutpun pada layar. Menurut saya hal itu hanyalah sebuah iklan untuk memikat konsumen agar membeli produk yang mereka tawarkan dan terkadang tidak sesuai dengan realita yang ada. Oleh karenanya kita harus tetap menjaga agar ponsel kita tetap aman dan terhindar dari beberapa hal yang dapat menyebabkannya tergores ataupun terbentur.

Kembali ke topik pembicaraan, sebelum menggunakan temperate glass saya menggunakan mika sebagai pelindung ponsel saya. Alasan saya menggunakan mika adalah harganya yang ekonomis, tidak sampai 25 ribu kita sudah mendapatkan mika untuk melindungi layar ponsel kesayangan kita. Mika juga memiliki beberapa kelebihan, salah satunya mudah dipasang dan disesuaikan dengan ukuran layar ponsel karena dapat dengan mudah dipotong menggunakan gunting. Selain itu mika sangat lentur ketika digunakan. Namun menggunakan mika sebagai pelindung layar kaca memiliki banyak kekurangan dibandingkan dengan kelebihannya. Kekurangan bila kita menggunakan mika sebagai pelindung layar ponsel kita diantaranya :

  1. Berpengaruh terhadap sensitifitas. Sebelum dan sesudah menambahkan mika sebagai pelindung layar ponsel akan sedikit banyak berpengaruh terhadap sensitifitas layar. Hal ini wajar mengingat penggunaan jenis mika akan menambah ketebalan layar dan tentunya akan berpengaruh terhadap sensitifitas layar terhadap usapan jari tangan kita.
  2. Penggunaan mika cepat rusak. Tidak sampai 4 bulan menggunakan mika sebagai pelindung layar, mika tersebut sudah rusak, kerusakan yang paling parah adalah timbulnya banyak goresan yang menyebabkan tulisan beberapa navigasi di ponsel saya tidak terlihat.
  3. Kekurangan menggunakan mika selanjutnya adalah baberapa diantara ujung-ujung mika yang menempel di layar ponsel saya dengan mudah mengelupas. Tentunya hal ini sangat merugikan pengguna, karena seringkali debu dan kotoran malah menempel pada celah antara mika dan layar smartphone dan smartphone kita terlihat kotor.
Oleh karena itu setelah saya mengalami hal-hal yang telah saya sebutkan maka saya mencoba menggunakan pelindung layar dengan bahan temperated glass. Apa keunggulan dari temperated glass dibandingkan dengan pelindung layar berbahan plastic atau mika ? berikut kelebihan temperated glass dibandingkan dengan mika.

  1. Lebih tahan terhadap goresan. Kaca temperated diklaim memiliki kekuatan 4-5 x lebih, baik itu terhadap benturan, panas ataupun goresan jika dibandingkan dengan kaca biasa tentunya dengan ukuran dan ketebalan yang sama. Namun meskipun begitu jangan coba-coba untuk memanaskan atau menjatuhkan ponsel kita, meskipun sudah menggunakan temperated glass, mungkin kaca tersebut tidak akan rusak namun justru ponsel kita yang rusak, kalo sudah seperti itu kesalahan yang fatal bukan?.
  2. Tidak banyak mempengaruhi sensitifitas jari kita terhadap layar ponsel. Salah satu kelebihan menggunakan temperate glass dibandingkan dengan mika atau plastic adalah kita seperti tidak menggunakan lapisan tambahan pada layar ponsel kita, mengingat permukaan dari temperate glass dan layar ponsel kita hampir sama.
  3. Tidak mudah lepas terutama pada ujung-ujung layar. Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, ketika saya menggunakan mika atau plastik sebegai pelindung layar ponsel dalam beberapa bulan pemakaian ujung-ujung mika tersebut mengelupas hal ini tidak saya temui ketika menggunakan temperate glass. Ujung dari temperate glass tersebut masih menempel kuat meskipun ponsel tersebut sering tergores ataupun tertekan saat saya bawa, karena seringkali saya menyimpan ponsel di bagian saku celana saya baik itu saku samping maupun saku belakang.
  4. Terlihat lebih elegan. Keuntungan menggunakan temperated glass jika dibandingkan dengan menggunakan mika atau plastic agan terlihat elegan karena tidak akan menimbulkan kerutan pada layar ponsel. Berbeda jika kita menggunakan mika atau plastic sebagai pelindung layar kaca ponsel kita yang seringkali mengalami kerutan karena seringkali layar ponsel tergores ataupun terkena tekanan.
  5. Lebih mudah dibersihkan. Kita tidak perlu repot-repot membersihkan layar yang menggunakan temperated glass karena pada dasarnya temperated glass sangat mudah dibersihkan. Hal yang paling sering membuat layar ponsel kita kotor adalah menempelnya minyak yang dihasilkan oleh kulit kita ditambah lagi dengan debu atau kotoran yang terdapat pada tempat penyimpanan ponsel yang kita gunakan. Untuk membersihkannya cukup kita lap saja menggunakan kain halus ataupun tissue kering, temperate glass sudah Nampak kelihatan bersih.

Itu tadi beberapa kelebihan temperated glass dibandingkan dengan plastic atau mika. Perlu diingat penggunan temperated glass sebagai pelindung layar ponsel kita bukan tanpa kekurangan, ada beberapa kekurangan temperate glass dibandingkan dengan penggunaan plastic atau mika. Kekurangan temperate glass diantaranya : 

  1. Harganya mahal. Ya benar, harga temperated glass lebih mahal dibandingkan dengan mika atau plastic biasa. Dahulu pada saat awal mengenal temperate glass harga yang ditawarkan kurang lebih 100 ribu rupiah, namun sekarang kita sudah dapat membeli temperated glass dengan harga dibawah 50 ribu rupiah. Tentunya harga yang ditawarkan sebanding dengan kualitas barang yang akan kita dapatkan.
  2. Satu ukuran, tidak bisa dipotong dan dibentuk sesuai keinginan kita. Bila kita menggunakan mika atau plastic sebagai pelindung layar ponsel kita, kita dapat membentuk dan memotong plastic tersebut apabila dirasa terlelu lebar atau panjang dibandingkan dengan layar pnsel kita. Hal itu tidak berlaku jika kita menggunakan temperate glass, karena terbuat dari kaca maka mustahil jika kita harus memotongnya dan menyesuaikan dengan ukuran layar ponsel kita, oleh karenanya pilihlah temperate glass yang benar-benar sesuai dengan ukuran layar smartphone kita.
Itulah tadi kekurangan dan kelebihan menggunakan temperate glass sebagai pelindung layar kaca ponsel. Perlu kita ketahui bahwa temperated glass memiliki beberapa ukuran, adapun ukurannya adalah : 0,2 mm, 0,3 mm dan 0,4 mm. Tips dari kami, bagi anda yang ingin membeli temperated glass : Pilihlah temperate glass yang sesuai dengan kebutuhan anda, logikanya semakin tebal dari temperated glass maka akan semakin kuat temperated glass tersebut dari benturan ataupun gesekan.  namun kita juga harus mengetahui kekurangan menggunakan temperated glass yang tebal tentuya ponsel kita juga semakin berat. Semoga artikel mengenai kekurangan dan kelebihan temperate glass dan kelebihan temperate glass disbanding dengan mika atau plastic ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih.   

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "yuk ketahui kekurangan dan kelebihan menggunakan temperated glass pada layar ponsel "

Post a Comment