10 blog pendaki gunung terfavorit, mana blog favoritmu??

Mendaki gunung, dewasa ini kegiatan mendaki gunung sangat populer dibandingkan beberapa dekade sebelumnya. Dahulu kegiatan ini seringkali hanya dilakukan oleh anggota komunitas pecinta alam, baik itu MAPALA atau Kelompok Pecinta Alam sekolah. Saat ini kegiatan ini sudah banyak dilakukan oleh awam karena kegemaran untuk sekedar traveling atau camping. Semakin populernya kegiatan mendaki gunung bukan tanpa sebab. Salah satu yang membuatnya populer tentu saja penggunaa media sosial yang saat ini banyak ragamnya seperti instagram. 

10 blog pendaki gunung
10 blog pendaki gunung


Selain penggunaan media sosial, beberapa tayangan di televisi juga memegang andil semakin maraknya kegiatan mendaki gunung. Banyak tayangan di televisi menyajikan cerita petualangan yang tentu saja membuat orang yang suka berpetualang, ingin mencoba sesuatu hal baru, hal yang belum pernah mereka coba sebelumnya yakni mendaki gunung. Selain itu, beberapa film layar lebar juga memiliki jalan cerita serta mengambil setting di beberapa tempat di gunung, menyebabkan orang berlomba-lomba ingin mencapai tempat yang menjadi lokasi syuting film tersebut. Akibatnya, kawasan gunung yang dulunya sepi sekarang semakin ramai. Banyak orang berarti banyak pula sampah yang dihasilkan di puncak-puncak gunung. Agaknya kesadaran untuk menjaga lingkungan tetap lestari masih menjadi sebuah PR besar bagi para penikmat alam saat ini. 

Kali ini penulis tidak akan membahas terlalu banyak dampak dari kegiatan pendakian, melainkan membahas blog tentang kegiatan mendaki gunung dan traveling. Dengan mengunjungi blog-blog tersebut diharapkan dapat menambah wawasan kita mengenai kegiatan pendakian. Kegiatan mendaki gunung ternyata tidak semudah yang kita bayangkan. Perlu pengetahuan, keterampilan, pengalaman dan tentu saja kesadaran akan kelestarian lingkungan. Supaya kita bisa menjadi seorang petualang yang bijaksana, mandiri dan tentu saja sadar akan kelestarian lingkungan. Apa saja Blog pendaki terfavorit versi yosefpedia, berikut saya rangkum menjadi 10 blog pendaki gunung dan traveling terfavorit :

1. Ghozaliq.com

10 blog pendaki gunung terfavorit


Sesuai dengan namanya, ghozaliq adalah blog milik dari Ghozaliq Qodratullah. Alumnus pendidikan Ilmu Geografi Universitas Negeri semarang ini menceritakan perjalanannya yang dia tulis melalui blognya. Beberapa gunung baik di Jawa maupun di luar pulau Jawa pernah dia sambangi termasuk Gunung Leuser yang berada di Aceh. Blog ini tidak sebatas membahas catatan perjalanan saja. Tips fotografi, bahkan diet sabun bisa kamu baca disini dan tentunya akan menambah pengetahuan baru bagimu.

2. Ardiyanta.com

10 blog pendaki gunung terfavorit


Puncak Merapi " Naik ngesot-Turun Mlorot " begitulah salah satu penggalan cerita mas Ardiyanta ketika naik ke puncak Merapi dengan melewati pasar bubrah yang penuh dengan lautan pasir. Lelaki yang satu ini juga suka berpetualang naik gunung dan bisa kamu baca cerita petualangannya di ardiyanta.com. Hal yang paling saya suka ketika mengunjungi blog ini selain isinya yang menarik adalah template yang digunakannya sangatlah simple.


3. Wira Nurmansyah

10 blog pendaki gunung terfavorit

Rata-rata pembaca mungkin sudah mengenal siapa pemilik blog ini. Bagi yang belum mengenalnya, mas Wira panggilan akrab pemilik blog ini adalah salah seorang travel blogger Indonesia. Beberapa puncak gunung di Indonesia berhasil beliau daki dan dengan keterampilan fotografinya yang bisa diacungin jempol, dia mengabadikan setiap perjalanannya ke dalam foto-foto yang bisa kamu akses di wiranurmansyah.com. Tidak hanya catatan perjalanan saja yang bisa kita baca di blog ini, tekhnik fotografi, rekomendasi kamera terbaik serta teknik mendaki gunung seperti layering system bisa kita pelajari dengan bahasa yang mudah dimengerti.


4. Jalan pendaki

10 blog pendaki gunung terfavorit

Siapa sih yang tidak mengenalnya ? Pemilik blog ini bernama Acen Trisusanto yang telah berhasil mendaki puluhan gunung di Indonesia. Dengan bahasa yang jenaka, dan tips-tips yang agak nyleneh :D kamu bisa membaca catatan perjalannya di Jalanpendaki [dot] com.

5. Manusia Lembah



10 blog pendaki gunung terfavorit

Apa yang pembaca pikirkan dengan nama "Manusia Lembah" sebutan nama untuk manusia jaman dahulu yakni pada zaman purba ?? Dalam hal ini, tentu saja manusia lembah yang dimaksud adalah nama sebuah blog. Entah atas dasar apa pemilik blog ini yakni mbak Prisca Felic memilih nama domain blognya dengan manusia lembah. Manusia Lembah berisi tentang catatan perjalanan, pendakian gunung dan tempat-tempat Indah di Indonesia. Blog ini juga berisi tentang sejarah peninggalan pada zaman dahulu, misteri gunung di Indonesia serta beberapa tips mendaki gunung.

6. Catatan Harian Keong



10 blog pendaki gunung terfavorit

Nama blognya sangat unik dan mungkin mudah diingat dibandingkan dengan blog lainnya. Catatan Harian Keong adalah travel blog milik mas Muhamad Chamdun. Pertama kali saya mengunjungi blog ini adalah di tahun 2014 dimana pada saat itu saya mencari informasi pendakian ke Gunung Merapi. Ketemulah blog dengan nama unik dengan pemilik yang selalu membalas komentar yang muncul diblognya ini satu-persatu. Banyak informasi yang bisa rekan-rekan baca di blog ini. Mulai dari jalur pendakian gunung Slamet sampai Gunung Panderman. Selain mendaki gunung, rekan-rekan bisa membaca catatan perjalanan admin yang saat ini tinggal di Jakarta ini. Bagaimana tertarik ngeong bareng keong Traveler ??? Salam ngeong......

7. The Bluetripper



10 blog pendaki gunung terfavorit

Pertama kali saya mengenal blog ini adalah ketika saya mencari informasi mengenai jalur pendakian di Gunung Prau. Ada banyak sekali informasi penting yang harus diketahui pendaki termasuk kemampuan wajib yang harus dimiliki oleh seorang pendaki gunung. Artikel-artikel di blog ini sangat menarik karena informasinya sangat beragam serta mudah dimengerti. Dengan tampilan blog yang tidak membosankan membuat pembaca akan betah berlama-lama di blog ini.


8. Explore Gunung 


10 blog pendaki gunung terfavorit

Menjadi media informasi yang aktual dan terpercaya seputar gunung yang ada di Indonesia merupakan misi dari Explore gunung. Dikutip dari salah satu halamannya, Exploregunung.com adalah sebuah situs website yang berisi tentang info gunung-gunung di Indonesia dan artikel berkaitan pendakian gunung lengkap yakni meliputi jalur pendakian, peta pendakian, cerita, dan lengkap dengan foto-fotonya. Di explore gunung kamu dapat mengetahui referensi gunung mana saja yang menjadi tujuan pendakianmu. Selain itu,  explore gunung juga menyediakan rubrik forum yang menjadi wadah para pendaki untuk bisa sekedar bisa sharing atau bertukar opini satu dengan yang lainnya.


9. Belantara Indonesia.in

10 blog pendaki gunung terfavorit

Menurut informasi yang saya dapatkan, Belantara Indonesia adalah sebuah website yang dikelola oleh sekumpulan pecinta kegiatan pendakian. Bermarkas di Labasan Pakem Sleman Yogyakarta. Blog ini tidak hanya berisi tentang kegiatan pendakian saja. Berbagai informasi terkait dengan kelestariann lingkungan dapat anda baca secara gamblang. Belantara Indonesia menyediakan jasa Pemandu atau Guide. Bagi yang membutuhkan jasa pemandu atau guide bisa coba mampir ke blog yang satu ini.


10. Ruang Pendaki

10 blog pendaki gunung terfavorit

Blog favorit pendaki yang terakhir adalah Ruang Pendaki. Tidak banyak informasi yang disajikan di blog ini. Blog ini menyajikan tentang tips dan trik mendaki gunung serta beberapa informasi lainnya berkenaan dengan peralatan mendaki gunung serta permasalahan yang sering dialami oleh pendaki.


Itulah 10 blog pendaki gunung dan traveler terfavorit versi Yosefpedia. Melalui blog-blog inilah kita bisa mengetahui tentang dunia pendakian serta membuka pengetahuan baru bagi kita bahwa kegiatan mendaki gunung bukanlah kegiatan yang mudah dilakukan. Kegiatan yang penuh resiko dan tentu saja menyadarkan kita sebagai penggiat kegiatan alam bahwa kita mempunyai tanggung jawab moral akan kelestarian alam di tanah air, di  bumi pertiwi Indonesia.

Salam lestari...........

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 blog pendaki gunung terfavorit, mana blog favoritmu?? "

Post a Comment