rute dan lokasi pantai goa cemara bantul yogyakarta, pantai unik dengan rimbunan pohon cemara

Rute menuju Panti Goa Cemara Bantul sangat mudah untuk kita temukan. Terlebih jika kita berasal dari Yogyakarta. Pantai goa cemara berlokasi di Patehan, Gadingsari, Sanden, Bantul, Yogyakarta. Rute yang mudah serta lokasi pantai dekat dengan deretan pantai lainnya membuat pantai Goa Cemara menjadi destinasi yang menarik dan patut kita kunjungi ketika kita berlibur di Yogyakarta khususnya di kabupaten Bantul. Pantai ini terletak diantara pantai Samas dan pantai Kuwaru, rimbunan pohon cemara yang tumbuh di tepian pantai merupakan ciri khas dari pantai Goa Cemara.
rute dan lokasi pantai goa cemara bantul
Pantai Goa Cemara saat senja, sumber : spot unik widarko hartono


Sobat muda satu lagi destinasi wisata alam di Yogyakarta yang sayang kita lewatkan ketika kita berlibur ke Yogya. Yogyakarta memang mempunyai berbagai macam tempat wisata, baik itu wisata sejarah maupun wisata alam. Bila selama ini wisata pantai yang paling terkenal terletak di kabupaten Gunungkidul, siapa sangka di kabupaten Bantul tepatnya di kecamatan Sanden, terdapat wisata pantai yang unik karena keasriannya dengan adanya rimbunan pohon cemara di tepian pantai. Tempat wisata tersebut bernama pantai Goa Cemara.

Rute menuju pantai Goa Cemara
Rute menuju pantai Goa Cemara dapat kita tempuh melalui jalan Parangtritis. Jarak pantai ini kurang lebih 20 km dari kota Yogyakarta. Untuk lebih mudahnya bila kita dari kota Yogyakarta kita bisa memulainya dari jembatan layang Janti. Dari Janti ke selatan, ke arah ringroad selatan kurang lebih 6 km melewati terminal Giwangan menuju ke arah jalan Parangtritis. Bila kita menemukan plakat Akademi Kebidanan Yogyakarta pada sisi kiri kita, berarti kita sudah sampai di jalan parangtritis. Kita berbelok ke kiri ke arah jalan Parangtritis melewati Institut Seni Indonesia dan pasar Seni Gabusan. Setelah menempuh perjalanan sejauh kurang lebih 7 km kita berbelok ke kanan menuju ke arah bantul kota dengan melewati RSUD panembahan Senopati. Tidak sampai 4 km dari arah jalan parangtitis dan setelah melewati RS Panembahan Senopati ( terletak di kanan / utara jalan ) kita akan menemukan perempatan jalan ( bila lurus kita akan menuju kota Bantul, bila kita ke selatan / kiri kita akan menuju palbapang ) selanjutnya akan menuju ke arah pantai Samas. Untuk menuju pantai goa cemara kita bisa  mengambil jalan yang arah kiri atau menuju arah pantai Samas.


Ada 2 rute yang bisa kita lalui untuk menuju ke pantai Goa cemara Yogyakarta, yakni langsung ke arah pantai atau melalui pantai Samas terlebih dahulu. Bila kita berminat mengunjungi pantai Samas terlebih dahulu, dari arah Palbapang kita tinggal mengikuti jalan lurus menuju selatan ke pantai Samas kemudian barulah belok ke kanan 1 km ke arah pantai Goa Cemara. Namun apabila kita ingin langsung ke pantai Goa Cemara,  kurang lebih 3 km sebelum masuk ke gerbang retribusi pantai Samas kita bisa mengikuti plakat di sebelah kanan kita yang menunjukkan rutenya. Memang untuk kendaraan ukuran besar seperti bus sebaiknya melewati pantai samas terlebih dahulu. Jalur yang langsung ke pantai Goa Cemara yang disebutkan tadi khusus untuk pengendara sepeda motor dan mobil pribadi saja.

Lokasi pantai Goa Cemara

Bila perjalanannya lancar kita hanya membutuhkan waktu tembuh kurang lebih satu jam perjalanan dari arah kota Yogyakarta. Satu jam tersebut diukur dengan kecepatan rata-rata dan tidak termasuk waktu berhenti untuk beristirahat. Tiket untuk masuk ke pantai ini sangatlah murah yakni Rp.4000; dan tambahan ongkos parkir Rp.2.000;. Kita bisa memarkirkan kendaraan kita tidak jauh dari bibir pantai.
Meskipun baru dibuka, pantai ini sudah ramai dengan pengunjung. Terlebih ketika musim liburan tiba, tua muda, bahkan anak-anak seringkali memadati tempat wisata ini. Di pantai ini kita dapat menikmati panorama indahnya samudra Hindia dengan deburan ombak yang cukup tinggi. Sebaiknya kita tidak melewati batas larangan yang telah dipasang oleh tim SAR karena ombaknya yang cukup tinggi dan tentunya membahayakan keselamatan kita. Di pantai ini bila beruntung kita juga dapat melihat beberapa nelayan yang baru saja pulang dari menangkap ikan, mereka menempatkan perahu-perahu mereka di bibir pantai diantara rimbunan pohon cemara.


Rimbunnya pantai Goa Cemara


Yang menjadi ciri khas dari pantai Goa Cemara adalah, banyaknya pohon cemara yang tumbuh di sepanjang pantai. Pohon-pohon tersebut menambah keasrian kawasan pantai yang selama ini identik dengan tempat yang panas. Ternyata ada cerita mengapa pantai ini dinamakan goa cemara oleh warga sekitar. Karena kekhawatiran akan abrasi pantai, pada tahun 2003 mulai diadakannya penanaman cemara dengan jenis cemara udang di kawasan ini oleh warga sekitar, nah setelah tumbuh besar, jalan di sepanjang area ini bila dilihat menyerupai gua dengan rimbunan pohon cemara sebagai atap goa, karena itulah pantai ini dinamakan pantai goa cemara.

Di pantai ini kita tidak perlu bersusah payah mencari tempat berteduh ketika tengah hari dengan udaranya yang panas dan teriknya matahari, karena kawasan ini sangat nyaman untuk dikunjungi berkat rindangnya pohon meskipun hari terasa panas. Beberapa orang memanfaatkan tempat ini untuk keperluan fotografi, seperti komunitas fotografi, foto preweed dan masih banyak yang lainnya. Ciri khas lain dari pantai ini adalah, adanya mercusuar setinggi 40 m yang berdiri menjulang tinggi.


Mercusuar di pantai goa cemara
Mercusuar ini didirikan dengan tujuan untuk keperluan pengawasan terhadap kapal-kapal yang lewat. Selain untuk keperluan tersebut, mercusuar ini dibuka untuk umum. Bagi yang berminat naik ke mercusuar, kita cukup membayar Rp.5.000; untuk 2 orang pengunjung. Pengunjung mercusuar ini juga dibatasi hanya 2 orang yang masuk dalam waktu yang bersamaan. Dari atas mercusuar kita dapat melihat pemandangan sekitar pantai. Nampak rimbunan pohon cemara, dan nampak pula dari kejauhan, pantai-pantai di sekitar Goa Cemara, yakni pantai Samas dan kuwaru. Bila anda yang menggemari photografi, tidak ada salahnya naik ke mercusuar ini karena view yang di dapatkan dari atas cukup menarik.


Fasilitas pantai

Tidak hanya kawasan pantainya yang menarik. Di pantai Goa cemara juga terdapat arena outbond untuk kita ataupun komunitas yang menginginkan kegiatan outdoor. Selain itu adapula penyewaan kendaraan ATV yang bisa kita sewa dengan biaya Rp.50.000; untuk bisa mengelilingi pantai. Tentu saja dengan rute yang telah ditentukan. Dipantai ini juga disediakan pendopo untuk meeting namun ukurannya tidaklah terlalu luas dan mushola untuk peribadatan. Fasilitas MCK di kawasan ini terbilang kurang, karena baru disediakan beberapa kamar mandi untuk digunakan oleh banyak wisatawan yang berkunjung. Tidak lupa terdapat beberapa gazebo yang bisa kita gunakan untuk sekedar beristirahat setelah lelah bermain air di pantai sambil menunggu badan kita kering.

Salah satu fasilitas di Pantai Goa Cemara



Bila kita ingin membeli cinderamata, di kawasan ini juga cukup banyak pedagang cinderamata yang tentunya terbuat dari bahan-bahan yang berasal dari laut, misalkan asbak, bingkai foto ataupun kaca, gantungan lampu, dan masih banyak yang lain. Jika kita ingin berbelanja aneka seafood, kita akan menjumpai pedagang-pedagang yang menjajakan dagangannya di jalanan sekitar parkir. Bahkan ketika hari libur beberapa warga sengaja datang ke pantai ini untuk menjual hasil panenannya berupa sayuran seperti pare, kangkung ataupun umbi umbian. Pastikan kita menawar terlebih dahulu barang-barang atau makanan yang ditawarkan padakita untuk keperluan oleh-oleh. Bila kita dari luar kota yang ingin menginap di kawasan ini, sejauh ini belum ada penginapan yang tersedia namun kita dapat menginap di kawasan pantai paranngtritis karena disana sudah banyak tempat penginapan yang disediakan.

Tips saat mengunjungi pantai Goa Cemara
  1. Bawalah pakaian ganti bila anda hendak bermain air, karena di tempat ini meskipun terdapat penjual pakaian namun baru ada sedikit.
  2. Bila anda bermain air janganlah melampaui garis batas yang telah ditentukan oleh SAR. Sebaiknya anda tidak melewati batas aman, karena ombak di pantai ini cenderung lebih besar dibandingkan dengan pantai lain seperti Parangtritis.
  3. Jagalah ucapan anda dan sikap anda, buanglah sampah pada tempatnya, karena pada dasarnya laut bukanlah tempat sampah. Mari kita wariskan lingkungan yang  lestari untuk anak cucu kita.
Selain pantai Goa Cemara Yogyakarta, masih ada pantai-pantai lainnya yang bisa kita kunjungi tanpa harus membeli tiket lagi, atau dalam artian, dengan membeli tiket masuk Rp.4.000; kita sudah bisa mengunjungi pantai-panti di deretan pantai goa cemara seperti pantai Samas, pantai Baru, dan pantai Kuwaru. Cukup murah bukan?! Bisa diambil kesimpulan, pantai Goa Cemara adalah salah satu pantai yang layak anda kunjungi karena mempunyai pesona tersendiri. Fasilitas di pantai ini cukup bagus meskipun ada beberapa yang masih perlu dibenahi dan ditambahkan.

Kesimpulan :
Pantai Goa Cemara meskipun tergolong pantai baru namun memiliki potensi alam yang cukup menarik serta menjadikannya wisata pantai yang bisa anda masukkan ke dalam daftar kunjungan anda ketika berlibur di Yogyakarta. Panorama yang menarik diantara keasrian pohon cemara menambah daya tarik tersendiri yang mungkin tidak bisa anda dapatkan di beberapa pantai lainnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "rute dan lokasi pantai goa cemara bantul yogyakarta, pantai unik dengan rimbunan pohon cemara"

Post a Comment