manfaat kacamata minus serta suka duka penggunaannya selama 10 tahun

Tidak terasa lagi, sudah 10 tahun lebih saya akrab dengan kacamata minus. Sejak terdiagnosa sebagai penderita rabun jauh atau miopi pada tahun 2005, saya mulai bergantung dengan kacamata minus untuk melakukan aktifitas saya sehari-hari. Selain sebagai alat bantu penglihatan, menggunakan kacamata minus juga memberikan beberapa manfaat kepada pemakainya. Meskipun pada awal pemakaian alat ini saya menemukan banyak kendala seperti susahnya mencari frame yang sesuai, atau seringkali merusakkan lensa, seiring dengan berjalannya waktu, akhirnya saya bisa terbiasa juga.

suka duka menggunakan kacamata minus
ilustrasi : penggunaan kacamata minus


Kacamata sangat membantu aktifitas pada beberapa orang dengan gangguan mata seperti miopi & astigmatisme. Namun dalam penggunaan sehari-hari tidak jarang kacamata minus dapat menimbulkan permasalahan tersendiri. Beberapa permasalahan muncul karena beberapa hal, selain karena faktor perawatan permasalahan juga muncul karena faktor lainnya seperti lingkungan dan aktifitas yang dilakukan oleh si pengguna kacamata. Berikut ini suka duka menggunakan kacamata minus :


1. # Susah dalam perawatan. Yups susah dalam perawatan. Pada prakteknya, agar kacamata dapat digunakan secara baik tentu kita harus sering-sering melakukan perawatan terhadap kacamata kesayangan. Kacamata harus dibersihkan dari debu atau air yang menempel pada lensanya. Beberapa pengalaman yang saya alami, saya cenderung malas membersihkan kacamata di awal pertama saya menggunakan kacamata, meskipun pada saat itu bagian lensa terkena cipratan air hujan. Alhasil air yang menempel pada lensa tersebut menimbulkan bekas yang sulit dibersihkan bahkan dengan berbagai macam cara, baik itu dibersihkan dengan pembersih khusus lensa maupun menggunakan alcohol swap. Namun cara tersebut tidak berhasil. Noda air masih saja membekas dan tidak bisa dihilangkan. Oleh karenanya bagi kita yang berkacamata ada baiknya kita menyediakan pembersih khusus kacamata baik berupa cairan pembersih ataupun kain lap yang halus agar kacamatamu tidak mengalami kejadian yang serupa. Kita bisa membawa kotak kacamata tiap kita bepergian dan memasukkan peralatan perawatan kacamata di dalamnya.

2. # Ribet karena harus setiap saat membawa kotak kacamata. Apa susahnya sih membawa kotak kacamata? mungkin beberapa orang beranggapan demikian, namun bagi saya pribadi membawa kotak kacamata itu cukup ribet karena memerlukan tempat penyimpanan extra, minimal berupa tas kecil. Bila seseorang pergi biasa membawa dompet + handphone maka tidak pada seseorang yang memakai kacamata minus. Kotak kacamata adalah salah satu barang yang wajib dibawa untuk menyimpan kacamata agar tidak rusak sekaligus kotak untuk menyimpan alat-alat lainnya seperti lap dan cairan pembersih untuk membersihkan lensa kacamata. Memang kita bisa mensiasati membersihkan lensa kacamata minus kita dengan barang-barang disekitar kita misalkan menggunakan tissue kering ataupun yang paling jorok menggunakan kaus kita tepatnya bagian bawah untuk membersihkan lensa kacamata minus yang kotor, namun seringkali cara-cara tersebut kurang efektif. Menggunakan tissue kering memang cukup simpel, namun membersihkan lensa menggunakan tissue kering malah menimbulkan masalah tersendiri yakni kertas pada tissue tersebut akan hancur menjadi kertas kecil-kecil  dan menempel pada lensa, beberapa malah masuk kedalam frame dan susah untuk diambil. Cara yang kedua adalah menggunakan kaus yang kita kenakan. Cara ini adalah cara yang jorok dan sering orang lakukan ( termasuk saya dan rekan-rekan saya ). Namun menggunakan kaus untuk membersihkan lensa juga kurang tepat karena serat pada kaus memiliki tekstur yang kasar sehingga dapat membuat permukaan lensa kita menjadi rusak.

3. # Frame kacamata vs helm. Anda tau faktor tersering yang menyebabkan kerusakan pada frame kacamata ?. Salah satunya adalah penggunaan helm ketika kita berkendara. Memang bagi kita yang memiliki mata minus, kita sangat bergantung pada kacamata, bahkan ketika mengendarai kendaraan khususnya sepeda motor. Nah seringkali kita mengalami masalah dengan frame kita yang patah akibat frame kacamata kita tertekan oleh bagian samping helm. Seringkali frame kita patah ataupun bengkok karena mengalami tekanan yang terlalu lama dan terus menerus. Oleh karenanya untuk mencegah rusaknya frame akibat penekanan pada bagian dalam helm yang kita kenakan, sebaiknya anda memilih menggunakan helm yang mempunyai ukuran yang lebih longgar terutama pada bagian samping tepat pada bagian telinga kita. 


4. # Kesulitan ketika harus menonton film 3 D di bioskop. Hal ini yang saya rasa paling tidak enak ketika harus menggunakan kacamata minus. Kebayangkan khan jika kita sama temen-temenmu ngajak nonton di bioskop dan harus menggunakan kacamata 3D. Memang pengalaman saya, bisa saja menggunakan kacamata minus + menggunakan kacamata 3D selama menonton film, namun sungguh tidak nyaman karena kita harus berkali kali menyesuaikan 2 kacamata yang kita kenakan sekaligus. Ditambah lagi rasa nyeri pada bagian samping kepala kita tepat di bagian atas telinga karena dijepit oleh 2 frame. Ya apa mau dikata, mau dilepas, kita tidak bisa menonton film, kalo dipakai tentu kita akan harus berkali kali menyesuaikan posisi kacamata yang tepat. Jadi nikmati saja….

5. # Mau makan makanan panas? Lepas dulu kacamatamu. Bagi kita yang sehari-hari memakai kacamata tentu kita akan mengalami hal dimana kita harus melepas kacamata yang kita gunakan, salah satunya adalah ketika akan makan makanan yang panas. Seringkali uap air yang menempel pada lensa kacamatamu justru akan menghalangi pandangan ke makanan yang akan kita makan. Oleh karenanya kita harus melepaskan kacamata agar pandangan tidak terhalangi oleh uap air. Cukup ribet bukan ?

6. # Tidak hanya makanan panas saja, berkendara dengan motor saat hujan menjadi tantangan tesendiri. Menggunakan kacamata ketika mengendarai kendaraan bermotor pada saat hujan plus pada saat kondisi malam hari dengan penerangan jalan yang tidak cukup, tentu membutuhkan keterampilan dan kehati-hatian ekstra. Saya mempunyai gangguan mata dan harus menggunakan kacamata minus 1 silinder pada kedua mata. Dulu memang hanya minus ½ namun setelah 10 tahun akhirnya minus bertambah seiring dengan bertambahnya umur saya. Memang pada saat siang hari tanpa menggunakan kacamata tidak masalah karena saya masih bisa melihat obyek yang jelas dengan jarak pandang sekitar 4-6 meter. Namun pada saat petang ataupun malam hari saya tidak bisa melihat obyek dengan jelas meskipun jarak pandang sangatlah dekat.


Ketika mengendarai sepeda motor terutama malam hari tentu saya tidak akan berani tanpa menggunakan kacamata karena akan sangat beresiko baik itu menabrak obyek di depan karena jarak pandang yang terbatas maupun masuk ke dalam lubang karena tidak dapat melihat jalan dengan jelas. Nah kondisi diperparah ketika hujan turun, dimana kita harus membuka penutup helm kita untuk dapat melihat jalan di depan kita. Ketika membuka kaca helm pada saat kita menggunakan kacamata, jelas air hujan akan menutup lensa kita, jika tidak membuka helm maka kita tidak bisa melihat jalanan dengan jelas, cukup sulit bukan ?. Salah satu cara yang paling efektif adalah dengan sering mengelap kaca helm agar air hujan yang menempel pada kaca tidak mengganggu pandangan kita tanpa harus membuka kaca helm.


7. # Sering dinilai cupu dan kutu buku. Penilaian orang sering berbeda-beda, namun beberapa rekan saya sewaktu saya duduk di bangku sekolah memberikan penilain yang salah terhadap saya. Saya dinilai cupu dan kutu buku karena saya menggunakan kacamata minus. Tapi beberapa orang memberikan penilaian yang berbeda, ada yang menganggap saya termasuk orang pintar karena biasa orang berekpetasi pengguna kacamata adalah orang yang rajin membaca dan mempunyai pengetahuan yang luas, hal itu tidak bisa ditemukan pada diri saya hehehe..lhawong saya memakai kacamata karena memang ada keturunan minus dari orang tua saya ( kedua orang tua saya memakai kacamata minus ).

8. # Harus mempunyai kacamata cadangan. Belajar dari pengalaman, bagi kita yang sangat tergantung pada benda yang bernama kacamata, setidaknya kita harus mempunyai2 kacamata. Satu kacamata yang bisa kita gunakan sehari-hari dan satu kacamata yang bisa kita jadikan kacamata sebagai kacamata cadangan yang bisa kita gunakan jikalau kacamata yang kita kenakan sehari-hari rusak. Mengapa perlu kacamata cadangan? Ya namanya benda yang sehari-hari kita gunakan bisa saja kacamata yang kita kenakan rusak, kacamata terjatuh atau hilang, patah framenya, lepas lensanya dari frame dan masih banyak lagi kejadian yang bisa saja menyebabkan kerusakan pada kacamata kita. Kacamata cadangan tidak harus mahal karena bersifat sementara, beberapa penjual kacamata yang biasa dijual di emperan toko bahkan ada yang menjual kacamata di bawah harga 50 ribu sudah dengan lensanya. Namun jangan ditanya kualitasnya ya, sama-sama minus 2 namun seringkali berbeda dengan kenyamanan lensa yang kita beli di optic. Bagi kita yang cukup mempunyai anggaran atau biaya, kita bisa membeli kacamata cadangan yang sesuai dengan rekomendasi dari dokter mata di optic kepercayaanmu.


9. # Harus control ke dokter untuk memeriksakan minus. Memang untuk memeriksakan minus kita tidak selalu harus ke dokter, beberapa optik juga membuka layanan pemeriksaan mata secara gratis. Namun untuk mengetahui adakah kelainan pada kesehatan mata kita, kontrol ke dokter mata merupakan tindakan yang paling tepat. Selain itu untuk tujuan khusus misalkan jika anda menggunakan layanan asuransi kesehatan berupa BPJS kesehatan, untuk mengurus pengeklaiman BPJS kesehatan maka sebaiknya anda harus periksa ke dokter mata, agar biaya kacamata yang anda beli dapat diklaim oleh BPJS kesehatan.  


Memakai kacamata minus memang memiliki banyak kekurangan namun tidak jarang menggunakan kacamata minus juga memberikan keuntungan atau manfaat bagi kita. Berikut ini manfaat menggunakan kacamata yang bisa kita dapatkan :

Memakai kaca mata minus juga ada manfaatnya lho......!!!



manfaat kacamata minus


1. # Kita akan lebih memiliki ciri khas. Dengan memakai kacamata tentu kita akan memiliki suatu ciri khas yang membedakanmu dengan orang lain. Misalkan kita bernama firman dan kebetulan di kampusmu terdapat 3 orang nama yang sama dengan nama namamu. Kita memakai kacamata dan firman yang lainnya tidak menggunakan kacamata, otomatis orang lain akan lebih mudah mendeskripsikanmu dengan menyebutkan “ firman kacamata”, hal itu lebih enak didengar jika dibandingkan dengan menyebutkan kata-kata lain misalkan firman gendut, atau firman yang item. Nah satu nilai positif  jika  kita menggunakan kacamata.

2. # Kita akan terlihat smart. Hal ini tergantung juga dengan pembawaanmu serta model frame kacamata yang disesuai dengan wajahmu. Orang yang menggunakan kacamata tidak selalu identik dengan seorang yang lugu dan kutu buku. Dengan memilih frame yang tepat dan disesuaikan dengan fashion, kita akan tampak lebih smart dan lebih dewasa jika menggunakan kacamata. Jika kita memiliki wajah yang kecil, jangan sesekali memilih kacamata yang memiliki frame tebal dan memiliki lensa yang besar, begitu pula bagi kita yang memiliki wajah yang cenderung lebar, tentu kita harus menyesuaikan frame kacamata dengan ukuran wajahmu, memilih frame yang tebal dan lensa yang cukup lebar adalah pilihan yang tepat, sehingga wajah dan kacamata yang kita kenakan akan terlihat proporsional.

3. # Mata dapat terlindungi dari debu. Dengan memakai kacamata ketika mengendarai kendaraan bermotor maka dapat melindungi mata pengguna dari debu yang banyak dijumpai selama di jalan. Namun tidak jarang debu juga dapat masuk ke dalam mata kita meskipun kita sudah menggunakan kacamata dan sudah menutup kaca helm kita. Nah debunya masuk darimana coba ?? Selain terhindar dari debu, menggunakan kacamata akan menjaga dan melindungi mata kita dari bahaya lainnya yang dapat ditemukan di tempat kerja. Seperti seorang dokter gigi yang beresiko terkena semprotan cairan dari mesin scalling untuk membersihkan gigi pasien, ataupun seorang apoteker serta perawat yang beresiko terkena cairan obat ketika sedang mengoplos obat dengan pelarutnya. 

4. # Dapat menutup kekurangan di wajah kita. Memakai kacamata selain untuk keperluan kesehatan serta fasion juga dapat menutup kekurangan yang ada pada wajah kita. Khususnya pada kaum hawa yang memiliki kantung mata ataupun memiliki hidung yang sedikit kurang kedepan maka anda dapat memilih kacamata yang disesuaikan dengan model wajah anda agar setidaknya dapat menutupi bagian pada wajah anda yang membuat anda tidak percaya diri.


Mata minus memang menjadi permasalahan tersendiri bagi kita, namun dengan memakai kacamata kita dapat memperoleh penglihatan selayaknya penglihatan pada mata orang normal. Memang selain kacamata penggunaan lensa juga dapat membantu menormalkan kembali penglihatan kita, namun saya tetap memilih menggunakan kacamata sebagai alat bantu penglihatan kerena berbagai alasan. Tanpa disadari kacamata adalah benda penting dalam hidup saya dan mempunyai jasa yang besar untuk dapat melihat keindahan ciptaan Tuhan. Itulah beberapa suka duka serta manfaat menggunakan kacamata minu.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "manfaat kacamata minus serta suka duka penggunaannya selama 10 tahun"

Post a Comment