apa itu travel blogger dan apa keuntungannya menjadi seorang travel blogger ?

Bila beberapa tahun yang lalu dunia perbloggeran di Indonesia sebagian besar menyajikan tema-tema yang berisi tentang tutorial, saat ini muncul fenomena baru yakni banyaknya bermunculan blogger yang mengusung tema tentang kegiatan traveling. Blogger yang menyajikan tema traveling biasa kita menyebutnya sebagai "travel blogger". 


travel blogger
ilustrasi travel blogger


Saat ini, mungkin tidak terhitung lagi, berapa banyak travel blogger yang ada. Lambat laun dimungkinkan jumlahnya akan bertambah banyak. Tentu hal ini bisa memberikan dampak positif baik kepada blogger itu sendiri maupun kepada orang lain. Selain dapat meningkatkan animo masyarakat untuk gemar menulis, fenomena banyaknya travel blogger juga bisa memberikan dampak positif terhadap kemajuan bidang kepariwisataan. Kemunculan travel blogger bukan tanpa alasan. Adapun beberapa alasan dan keuntungan seseorang menjadi travel dapat anda ketahui sampai dengan artikel ini selesai.

Pengertian travel blogger : 

Sampai saat ini, tidak ada definisi pasti tentang travel blogger. Namun kita bisa mengetahui makna atau arti dari travel blogger dengan mencari arti kedua kata tersebut. Travel mempunyai arti perjalanan sedangkan blogger itu sendiri mempunyai pengertian seorang yang mempunyai berprofesi menulis di blog. Jadi apabila kedua kata ini digabungkan kita akan bisa mendefinisikan travel blogger sebagai seorang yang menuliskan perjalanannya pada blog yang dia kelola. 

Alasan mengapa semakin banyak bermunculan travel blogger
Fenomena banyaknya bermunculan travel blogger bukan tanpa alasan. Adapun beberapa alasan mengapa travel blogger menjadi trend diantaranya :

  1. Kegiatan traveling itu menyenangkan dan merupakan suatu kebutuhan. Percaya atau tidak bahwa traveling itu suatu kebutuhan?! Bila dalam sebulan penuh kegiatan anda dipenuhi dengan bekerja, maka tidak ada salahnya anda sesekali melakukan traveling serta menuliskan catatan perjalanan anda pada sebuah blog. Apakah bisa seorang karyawan menjadi seorang travel blogger? Tentu saja bisa, pasalnya beberapa travel blogger Indonesia yang terkenal adalah seorang pekerja yang bekerja pada instansi pemerintah dan beberapa bekerja di BUMN. Mereka bisa membagi waktu, kapan untuk bekerja dan kapan untuk liburan serta kapan untuk menulis kontent di blog yang mereka kelola.
  2. Fasilitas internet yang semakin hari semakin mudah didapatkan. Fasilitas internet saat ini sangat mudah kita dapatkan bahkan di desa-desa kecil sekalipun kita sudah dapat menikmati layanan internet dari beberapa provider telepon selular. Hal ini dapat memberikan kemudahan bagi seorang travel blogger untuk menuliskan kontent mereka disaat mereka bepergian mengunjungi tempat-tempat yang menjadi tujuan mereka berlibur.
  3. Semakin banyaknya tempat wisata baru. Dengan bermunculan destinasi wisata baru, tentu saja akan menambah keinginan seseorang untuk berekreasi dan mencari informasi. Oleh karenanya akan semakin banyak pula yang ingin menulis tentang tempat-tempat wisata tersebut dengan harapan supaya orang lain menjadi semakin mengetahui dan ingin mengunjungi tempat-tempat wisata tersebut.
  4. Semakin banyaknya komunitas wadah bagi travel blogger. Saat ini banyak sekali komunitas yang bisa menjadi wadah bagi seorang travel blogger, sebut saja idcorners Indonesia atau yang baru saja marak adalah GenPi ( Gerakan Pesona Indonesia ) yang dibentuk oleh dinas Pariwisata. Komunitas-komunitas yang ada seringkali mengadakan event yang bertujuan untuk mempromosikan wisata suatu daerah dengan mengundang beberapa travel blogger. Hal tersebut selain bisa mengenalkan potensi wisata suatu daerah juga bisa menjadi ajang bagi travel blogger untuk bekumpul dan bertukar informasi.
Lalu apa keuntungan menjadi seorang travel blogger : 
  1. Berkesempatan untuk bisa pergi ke tempat-tempat wisata baik di dalam negeri ataupun di luar negeri. Kesempatan untuk bisa berkunjung ke tempat-tempat wisata sangat dimungkinkan apabila kita menjadi seorang travel blogger. Tidak hanya di dalam negeri saja, melainkan juga kesempatan untuk pergi ke luar negeri juga bisa kita dapatkan.
  2. Menyalurkan hobi menulis dan berpetualang. Bila kita mempunyai hobi menulis sekaligus berpetualang, kita bisa menyalurkan kedua hobi ini bersamaan melalui blog yang kita kelola. Cerita perjalanan kita tidak hanya dapat dinikmati oleh diri sendiri melainkan juga bisa dibaca oleh orang lain. 
  3. Kita bisa mendapatkan produk secara gratis. Banyak travel blogger yang mendapatkan job untuk mereview sebuah produk dan mendapatkan produk tersebut secara gratis. Produk-produk tersebut bisa saja produk yang berhubungan dan bermanfaat untuk kegiatan traveling seperti tas, sepatu ataupun produk lainnya seperti camera serta barang elektronik.
  4. Tidak hanya produk saja, kita bisa mendapatkan paket liburan secara gratis. Sebagai seorang travel blogger yang mempunyai reputasi baik, kita bisa melakukan negoisasi kepada travel agent ataupun kepada pihak hotel tempat kita menginap. Hal itu dilakukan dengan imbal balik, kita memberikan review kepada jasa penyedia layanan perjalanan ataupun kepada hotel tempat kita menginap. Dengan hal itu keduanya sama-sama mendapatkan keuntungan dari kerjasama yang terjalin diantara kedua belah pihak.
  5. Bisa bertemu dengan orang-orang terkenal. Berkesempatan untuk bisa bertemu dengan orang yang terkenal adalah salah satu keuntungan dari seorang travel blogger. Beberapa waktu yang lalu rekan saya seorang travel blogger berkesempatan bertemu dengan menteri pariwisata juga berkesempatan bertemu dengan menteri keuangan di salah satu acara yang diselenggarakan oleh dinas Pariwisata Jawa Tengah di Kota Semarang. Semua itu bisa didapatkan karena dia  adalah seorang travel blogger dan mempunyai reputasi baik.
  6. Mendapatkan kenalan baru. Seringkali seorang travel blogger bergabung dengan komunitas sesama travel blogger. Beberapa komunitas sering melakukan kopdar bersama untuk bisa menjalin keakraban sesama blogger. Di kesempatan itulah kita bisa mendapatkan kenalan baru, bisa berbagi cerita tentang perjalanan-perjalanan yang dialaminya serta bisa bertukar informasi lainnya. Ada pula yang sampai mendapatkan pacar dari kegiatan ini :D. Tertarik ??
  7. Menjadi terkenal. Beberapa travel blogger Indonesia seperti Chockysihombing, Wiranurmansyah, Winimarlina bisa terkenal karena menuliskan perjalanan mereka pada sebuah blog dan berhasil membangun sebuah personal branding. Dengan menjadi travel blogger dan membangun personal branding tidak mustahil kita bisa menjadi terkenal seperti mereka. Tentu hal ini tidak bisa dilakukan secara instan serta membutuhkan kerja keras. Tertarik mengikut ijejak mereka ?
Itulah sedikit ulasan mengapa saat ini travel blogger seakan menjadi trend. Masih banyak lagi manfaat menjadi seorang travel bogger yang tentu tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "apa itu travel blogger dan apa keuntungannya menjadi seorang travel blogger ?"

Post a Comment