6 cara membedakan swiss army asli dengan yang palsu

Beberapa waktu yang lalu, rekan saya membeli jam tangan Swiss Army di salah satu toko jam di jalan Kaliurang Yogyakarta seharga 500 ribu rupiah. Dia mengklaim bahwa jam tangan yang dia beli merupakan jam tangan asli buatan Victorinox Swiss Army. Dilihat dari ciri-ciri jam tangan tersebut, saya mengetahui bahwa jam tangan yang dia beli bukan merupakan jam tangan pabrikan Victorinox Swiss Army. Ternyata saat ini masih banyak masyarakat khususnya pembeli jam tangan yang masih belum mengetahui ciri-ciri jam tangan Swiss Army yang asli dan jam tangan  Swiss Arnya yang palsu serta belum mengetahui cara membedakan keduanya. Berawal dari pengalaman rekan saya tersebut saya membuat artikel ini, semoga bermanfaat bagi anda.

cara mengetahui keaslian jam tangan swiss army
Logo Swiss Army


Jam tangan Swiss Army sendiri mendapatkan pangsa pasar tersendiri terutama dikalangan muda berkat desainnya yang sporty dan elegan. Swiss Army awalnya merupakan produsen pisau namun seiring dengan perkembangannya prudusen ini tidak hanya memproduksi pisau saja. Produsen yang telah berusia lebih dari 100 tahun ini mulai memproduksi beberapa produk lain seperti baju, perlengkapan perjalanan dan jam tangan yang dilisensikan kepada Victorinox. Sampai sekarang masih banyak konsumen yang belum mengerti tentang cara membedakan dan cara mengetahui keaslian dari jam tangan Swiss Army, berikut saya berikan beberapa cara untuk mengetahui keaslian dari jam tangan Swiss Army yang saya rangkum dari beberapa sumber dan pengalaman pribadi :


Berikut ini 6 cara membedakan jam tangan Swiss Army yang asli dengan yang palsu


1. Lihat harganya

Jam tangan Swiss Army terkenal dengan harganya yang mahal. Untuk jam tangan dengan bahan baja kualitas sedang, produsen jam tangan ini rata-rata membanderol produknya dengan harga 5000 chf ( mata uang Swiss ) atau jika di rupiahkan berkisar di antara rentang 6 jutaan. Tentu harga ini akan jauh berbeda dengan harga jam tangan Swiss Army yang biasa kita temui di toko-toko arloji. Beberapa toko arloji menawarkan produk Swiss Army dengan rentang harga 300 ribuan sampai dengan kisaran 2 juta rupiah. Oleh karenanya apabila anda membeli jam tangan Swiss Army baru dengan harga berkisar di bawah satu jutaan maka kemungkinan besar jam tangan Swiss Army yang anda beli adalah palsu.

2. Cari tahu terlebih dahulu darimana jam tangan  Swiss Army tersebut berasal

Victorinox Swiss Army merupakan jam tangan yang dijual hanya melalui toko resmi. Jika Anda membeli jam tangan ini melalui toko arloji yang tidak resmi atau tidak berwenang untuk menjual produk Victorinox Swiss Army, kemungkinan jam tangan yang anda beli adalah jam tangan Swiss Army palsu. Bila mau membeli jam tangan swiss army yang victorinox bisa langsung kunjungi aja websitenya http://www.victorinoxwatches.com dan bisa di lihat dimana saja toko yang menjual produk tersebut.


3. Lihat desain logonya

Selama ini mungkin hanya sedikit orang yang mengetahui logo jam tangan swiss army yang asli. Sebagian besar lagi mengira bahwa logo jam tangan yang mereka kenal selama ini merupakan logo jam tangan swiss army yang autentik ( Karena rata-rata jam Swiss Army yang beredar di pasaran adalah Swiss Army palsu ). Untuk lebih jelasnya saya memberikan gambar yang menunjukkan perbedaan jam tangan Swiss Army yang asli dan jam tangan Swiss Army yang palsu.



Sudah nampak jelas bukan perbedaan diantara keduanya ?. Jam tangan Victorinox Swiiss Army asli mempunyai logo dengan bentuk perisai dan mempunyai 8 sudut, sedangkan Swiss Army palsu mempunyai logo dengan bentuk segiempat memanjang. Selain itu jam tangan Swiss Army yang asli bertuliskan "Victorinox Swiss Army" sedangkan jam tangan palsu hanya bertuliskan Swiss Army saja pada bagian bawah logonya. 

4. Lihat garansi yang diberikan

Setiap pembelian jam tangan Victorinox Swiss Army selalu memberikan garansi pada setiap produknya. Memang apabila kita membeli jam tangan Swiss Army palsu atau KW juga diberikan garansi, namun garansi yang diberikan adalah garansi dari toko tempat jam tersebut dibeli dan bukan garansi resmi yang diberikan oleh produsen.

5. Dengarkan suara mesinnya

Hal ini memang terkesan agak konyol, namun ada benarnya juga. Jam tangan Victorinox Swiss Army merupakan jam tangan berkualitas tinggi dan dibuat dengan pengaturan mesin jam yang sangat rendah. Kita mungkin tidak bisa mendengarkan bunyi tiap detik dari jam tersebut apabila kita tidak mendekatkan jam tersebut di dekat telinga kita. Cara ini sering saya temui pada penjual jam ataupun kolektor jam yang berburu barang lama di pasar-pasar loak. Mereka mendengarkan bunyi detikan jam yang akan mereka beli. Apabila bunyi terdengar halus maka kemungkinan mesin jam tersebut masih asli sedangkan apabila mesin jam tersebut kasar, biasanya mesin sudah diganti dengan sparepart lainnya. Hal itu juga berlaku untuk jam baru.


6. Periksa setiap bagian-bagiannya

Ketika anda membeli jam tangan pastikan bagian-bagian serta fitur dari jam tangan tersebut dapat berjalan dengan baik, misalnya chonograph dan tombol reset. Selain itu, jam tangan Swiss Army yang asli terbuat dari bahan-bahan berkualitas, termasuk di bagian strapnya. Bagian strap pada jam tangan palsu biasanya akan lebih tipis, ringan dan cenderung kasar. Berbeda dengan strap jam tangan Swiss Army yang asli akan mempunyai strap yang cenderung tebal serta halus.

Pengalaman menggunakan jam tangan Swiss Army KW

Jam tangan Swiss Army KW yang saya beli di tahun 2009


Saya sendiri memiliki jam Swiss Army KW yang saya beli pada tahun 2009 seharga 650 ribu dan sampai sekarang masih dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Semua fitur dapat berjalan dengan baik seperti chonograph, pengaturan jam, pengaturan tanggal serta tombol reset masih berfungsi dengan normal. Jam tersebut saya pakai setiap hari, baik itu untuk kerja, pertemuan, ataupun kegiatan traveling lainnya. Hanya saja jarum jam milik saya sudah lepas waktu pendakian di gunung Lawu dimana jam tersebut jatuh dengan ketinggian kurang lebih 3 meter sehingga jarum yang menunjukkan detikan patah dan sampai sekarang saya belum menemukan gantinya. Memang untuk awet tidaknya pemakaian suatu barang elektronik selain kualitas barang juga dapat dipengaruhi faktor keberuntungan, barang yang asli serta harganya mahal belum tentu awet dan barang yang kw serta harganya murahpun belum tentu cepat rusak.

Itulah beberapa cara bagaimana mengetahui dan membedakan jam tangan Swiss Army yang asli dan jam tangan Swiss Army yang palsu. Mungkin dari pembaca sekalian mempunyai informasi lainnya, apabila ada, bisa disharekan di kolom komentar agar rekan-rekan yang lain juga bisa mengetahuinya. Terimakasih 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 cara membedakan swiss army asli dengan yang palsu"

Post a Comment