5 manfaat blog bagi pelajar dan mahasiswa

Kegiatan menulis di blog atau ngeblog saat ini tidak hanya dilakukan oleh kalangan orang dewasa saja. Anak-anak, pelajar atau mahasiswa bisa saja menulis di blog sendiri dan mendapatkan banyak manfaat dari kegiatan ini. Berbeda dengan beberapa dekade lalu, kegiatan ngeblog mungkin hanya bisa dilakukan oleh segelintir orang saja terutama bagi orang yang benar-benar menekuni blog sebagai usaha mereka dalam mempromosikan barang ataupun jasa atau sebagai seorang pengiklan atau publiser. Hal itu disebabkan karena akses internet yang masih sulit serta mahalnya biaya untuk bisa menggunakannya. 

5 manfaat blog bagi pelajar dan mahasiswa
manfaat ngeblog bagi pelajar dan mahasiswa


Masih ingat dalam benak saya, dimana untuk menggunakan internet kita harus pergi ke warnet serta membayarnya dalam hitungan jam dengan biaya yang tidak sedikit. Hal itu belum lagi ditambah akses internet yang masih sangat lambat, membuat orang ke warnet hanya sekedar mencari informasi yang benar-benar mereka butuhkan dan tidak mempunyai cukup waktu untuk sekedar membuat atau menulis di blog. Karenanya apabila kita berlama-lama di warnet untuk sekedar menulis di blog tentu biaya penggunaan internet yang kita bayar akan semakin mahal. 

Saat ini, jaman sudah banyak berubah, teknologi yang dulu masih sulit untuk kita nikmati kini sudah dengan mudah kita dapatkan termasuk fasilitas internet. Fasilitas internet saat ini bukan menjadi barang yang mewah karena rata-rata ponsel yang kita gunakan sudah mendukung untuk penggunaa internet. Selain itu meningkatnya penggunaan internet juga didukung tarif penggunaan internet yang semakin hari semakin murah. Hal itu berdampak akan meningkatnya kegiatan ngeblog atau kegiatan menulis di blog. Kegiatan yang dulu hanya dilakukan oleh sebagian orang dan rata-rata telah berumur dewasa kini bisa dilakukan oleh seorang pelajar sekalipun. 

Lantas apa saja manfaat ngeblog bagi seorang pelajar atau mahasiswa? dan hal apa saja yang akan di dapatkan oleh seorang pelajar yang menekuni hobi ini? Berikut saya akan mencoba mengulasnya dalam sudut pandang pribadi saya sendiri.

5 manfaat ngeblog bagi seorang pelajar


#1. Meningkatkan kreatifitas dalam menulis

Manfaat pertama yang bisa didapatkan seorang pelajar ketika menekuni hoby ngeblog adalah dapat meningkatkan skill atau kreatifitas kita dalam menulis. Untuk menjadi seorang penulis yang baik memang perlu latihan. Semakin banyak kita berlatih menulis, semakin banyak kita belajar serta membaca referensi maka gaya serta keterampilan menulis kita akan semakin baik. Bagi beberapa orang yang dianugerahi kemampuan bahasa yang baik, menulis mungkin merupakan suatu kegiatan yang mudah dilakukan. Hal itu tidak berlaku bagi  seseorang yang memiliki kemampuan bahasa yang pas-pasan. Untuk bisa mengutarakan pendapat kita dalam sebuah tulisan, kita sering merasa kesulitan dalam merangkai kata agar pembaca bisa mengerti apa yang kita maksudkan dalam artikel yang kita buat. Nah salah satu media yang bisa kita sebagai tempat kita berlatih menulis adalah blogger, Blogger memberikan fasilitas kepada kita untuk menggunakannya baik itu dengan domain gratis ataupun domain yang berbayar.

#2. Dapat menambah wawasan serta informasi dari blog lain

Manfaat kedua dari kegiatan ngeblog adalah dapat menambah informasi atau wawasan baru. Berbagai informasi dalam berbagai kategori ataupun bidang bisa saja kita dapatkan apabila kita rajin berkunjung ke blog lain ( istilah lainnya kita melakukan blogwalking ). Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi seorang pelajar dimana pelajar selain dituntut mendapatkan pengetahuan dari pendidikan formal juga dituntut untuk mendapatkan wawasan lain dari berbagai pendidikan non formal ataupun informasi lain tentunya dari sumber yang terpercaya salah satunya adalah sumber dari blog. Diharapkan dengan kegiatan ini pelajar bisa lebih berinovasi dengan keterampilan dan wawasan yang mereka dapatkan. Tentunya dalam mencari informasi, seorang pelajar harus benar-benar mendapatkannya dari sumber yang terpercaya dan melakukan validasi terlebih dahulu untuk menguji kebenarannya. 


#3. Sebagai tempat untuk sharing atau berbagi 

Setiap orang mempunyai kepuasan tersendiri. Kepuasan seorang dengan yang lain tidak bisa disamakan. Salah satu kepuasan paling sederhana yakni kepuasan untuk bisa berbagi. Rekan-rekan bisa menggunakan blog sebagai sarana untuk berbagi pengalaman dimana pengalaman itu bisa saja berguna bagi rekan-rekan lainnya. Sebagai contoh, rekan-rekan bisa memperoleh nilai ujian yang baik serta mendapatkan beasiswa guna melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi favorit dengan berbagai cara yang mungkin saja orang lain tidak mengetahuinya. Hal ini bisa saja rekan-rekan sharingkan di blog agar pembaca dapat menempuh proses dan termotivasi setelah membaca pengalaman yang telah rekan-rekan tulis dan sharingkan di blog. 

#4. Sebagai tempat menyimpan data secara online

Salah satu manfaat blog bagi seorang pelajar atau mahasiswa adalah sebagai tempat penyimpanan secara online. Ada beberapa kelebihan menggunakan blog sebagai tempat penyimpanan online, salah satunya kita bisa mengakses informasi kita kapan saja dan dimana saja asalkan kita mempunyai perangkat yang terhubung dengan internet. Manfaat lainnya tentu saja data kita bisa dibaca oleh orang lain sebagai sumber referensi dalam menyusun tugas ataupun untuk keperluan penelitian.

#5. Mendapatkan tambahan uang jajan  

Bagi seorang pelajar atau mahasiswa, tentu kita akan merasa bangga apabila kita memiliki uang jajan dari hasil keringat sendiri. Selain memiliki manfaat seperti yang telah saya jabarkan diatas, manfaat lain yang bisa kita dapatkan dengan kegiatan ini tentu saja bisa menghasilkan uang. Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh seorang blogger untuk bisa menghasilkan uang, diantaranya adalah dengan mengikuti program pengiklanan dari google adsense,  menerima content placement, menerima job review atau bahkan memasarkan produk atau keterampilan kita melalui blog. 

Masih ada banyak lagi manfaat dari kegiatan ngeblog yang bisa didapatkan oleh pelajar atau mahasiswa yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Jadikanlah "ngeblog" sebagai sesuatu yang menyenangkan. Terkadang kepuasan serta kesuksesan ngeblog bukanlah dari berapa rupiah atau dolar yang bisa kita dapatkan, melainkan dari seberapa banyak informasi bermanfaat yang bisa kita berikan kepada pembaca blog kita. Sekian ulasan mengenai 5 manfaat blog bagi pelajar dan mahasiswa versi yosefpedia. Semoga bisa memotivasi rekan-rekan pelajar dan mahasiswa untuk tetap ngeblog. 

Subscribe to receive free email updates:

15 Responses to "5 manfaat blog bagi pelajar dan mahasiswa"

  1. sudah saatnya semua orang memiliki blog karena banyak sekali manfaatnya baik untuk pelajar, mahasiswa maupun dewasa ya mas.

    karena biayanya juga murah meriah dan caranyapun cukup mudah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas Yanto...tinggal pintar-pintar membagi waktu saja dan menuliskan pengalaman serta ide yang kreatif

      Delete
  2. Manfaat yang paling terasa menurut saya adalah sebagai uang jajan hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hal itu yang masih menjadi angan-angan saya mas hehehe

      Delete
  3. udah lama jadi mahasiswanya, tentu artikel diatas soal blog gunanya buat mahasiswa jadi nggak ngaruh atuh kesayah

    ReplyDelete
    Replies
    1. setidaknya masih berlaku untuk pelajar yang kebetulan berkunjung ke blog ini mas :D

      Delete
  4. Pelajar mau ngeblog iut sih patut diacungi jempol soalnya banyak manfaatnya,saya aja nyesel dulu waktu jadi pelajar belum kenal blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mas Dwi, saya baru mengenal blog jg baru" ini, dan banyak belajar dr blog njenengan

      Delete
  5. sebagai alat untuk memberi informasi juga bisa dilakukan oleh mahasiswa ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, banyak informasi yang bisa di tulis di blog terutama bagi mahasiswa, termasuk cara mendapatkan beasiswa dll...

      Delete
  6. waktu smk kemarin saya juga ngeblog mas dan betul sekali tuh 5 manfaat diatas!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngeblog sejak SMK, pantas artikel di blog sampean banyak bgt mas...saya sudah lulus kuliah br kenal blog

      Delete
  7. Setuju dengan ini semua, beruntung bagi mereka yang bisa mengenal blog disaat sekolah. Semakin kesini bisa dikembangkan sesuai keinginan :)

    ReplyDelete
  8. Iya mas andi.....sekarang mudah sekali buat blog,,,mau upgrade TLD juga murah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu, apalagi di hari-hari terntenu, seperti agustusan, tahun baru, pasti selalu ada diskon harga domain..hehe

      Delete