5 cara mengatasi gusi terangkat dan mengetahui penyebabnya

Gusi terangkat merupakan masalah pada mulut yang seringkali ditemukan tidak hanya pada orang tua saja namun juga anak dan remaja. Permasalahan gusi terangkat merupakan permasalahan yang serius serta harus ditangani karena apabila hal ini dibiarkan tentu akan berakibat buruk terhadap kesehatan gigi. Ada beberapa hal yang menyebabkan gusi seseorang terangkat. Hal yang dapat menyebabkan permasalahan gusi terangkat diantaranya :

sumber gambar : pixabay.com

  1. Kebiasaan sikat gigi yang salah. Kebiasaan sikat gigi yang salah merupakan faktor terbanyak dalam kasus kelainan gusi terangkat. Hal ini tidak berlangsung dalam waktu sebentar, kebiasaan sikat gigi yang salah dalam waktu yang lama menyebabkan lapisan tepi gusi dapat terkikis, akibatnya gusi dapat terexpose sampai ke akarnya sehingga menyebabkan rasa ngilu terutama apabila terkena minuman dingin.
  2. Faktor yang kedua adalah pola mengunyah yang salah. Pada beberapa orang cenderung menggunakan satu sisi mulut untuk mengunyah makanan. Dalam artian lebih cenderung mengunyah menggunakan satu sisi mulut saja dan tidak bersamaan menggunakan kedua sisi mulut untuk mengunyah makanan. Akibatnya gusi bagian sisi yang sering digunakan untuk mengunyah mengalami abrasi dan seringkali gusi tersebut terangkat. Apabila kebiasaan ini terus menerus dilakukan maka tidak menutup kemungkinan gigi yang terlalu terangkat gusinya tidak bisa diselamatkan dan harus dilakukan tindakan pembedahan.
  3. Kebiasaan menggunakan tusuk gigi. Penggunaan tusuk gigi untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi kita ternyata juga berdampak pada kesehatan gusi dan seringkali menyebabkan gusi kita terangkat. Oleh karenanya sebaiknya kita menggunakan sikat gigi yang halus untuk membersihkan gigi kita dari sisa-sisa makanan untuk menghindari masalah gusi terangkat.
  4. Sering mengunyah makanan yang keras. Hal ini kami temukan pada seorang klien yang masih sangat muda, klien tersebut sering memiliki kebiasaan mengunyah es batu ( memotong balok es menggunakan gigi taring ) setelah selesai minum es. Akibatnya gusi pada gigi taring tersebut terangkat dan terlihat sampai ke akarnya.
Dari keempat faktor diatas, yang paling sering menyebabkan terjadinya gusi terangkat adalah kebiasaan sikat gigi yang salah. Beberapa orang melakukan sikat gigi secara keras dan tidak memerhatikan daerah sekeliling gigi yang disikat. Seringkali kita menyikat bagian tepi yang berbatasan langsung dengan gusi kita sehingga menyebabkannya berdarah. Oleh karenanya penting bagi kita untuk memperbaiki kebiasaan menyikat gigi agar tidak mengalami masalah gusi terangkat.

Tindakan untuk mengatasi gusi terangkat

Apabila anda berkonsultasi kepada dokter gigi maka ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan gusi terangkat. Salah satunya adalah tindakan pembedahan. Pembedahan dilakukan dengan cara menambal ujung akar gigi kemudian baru dilakukan penutupan daerah gusi yang terangkat. Namun tindakan pembedahan ini dilakukan pada kasus yang sudah parah dan tidak dapat diperbaiki dengan obat maupun dengan memperbaiki pola atau kebiasaan. Apabila gusi terangkat masih dalam derajat yang ringan biasanya seorang dokter gigi hanya akan menganjurkan klien untuk memperbaiki kebiasaan yang salah. Adapun beberapa hal yang dapat mencegah atau mengurangi gusi yang terangkat diantaranya adalah :
  1. Menyikat gigi secara benar. Menyikat gigi secara benar adalah dengan gerakan naik turun ( vertikal ) bukan dengan gerakan gorizontal. Gerakan vertikal dinilai dapat melalui sela-sela gigi dan tidak menimbulkan trauma pada bagian gusi. Selain itu gunakanlah sikat yang memiliki bulu yang lembut serta gantilah sikat gigi anda apabila sudah mengalami kerusakan karena hal itu hanya akan melukai bagian gusi.
  2. Hindari penggunaan tusuk gigi. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, penggunaan tusuk gigi dapat menyebabkan gusi terangkat. Apabila anda ingin membersihkan sisa makanan yang menempel pada gigi anda, sebaiknya anda menyikatnya mengunakan sikat gigi yang halus.
  3. Hindari kebiasaan merokok. Merokok selain dapat menyebabkan terjadinya plak pada gigi juga dapat menyebabkan gusi anda terangkat. Oleh karenanya jangan ragu lagi untuk berhenti merokok demi kesehatan diri sendiri.
  4. Hindari pasta gigi yang mempunyai kandungan pemutih di dalamnya, beberapa pasta gigi khusus untuk gigi sensitiif sangat dianjurkan untuk dapat mengurangi terjadinya abrasi pada lapisan gusi yang terangkat. Beberapa pasta gigi yang memiliki khasiat memutihkan gigi mengandung zat yang abratif dan dapat mengikis permukaan gigi.
  5. Perbaiki pola mengunyah. Hindari menggunakan bagian gigi dengan gusi yang terangkat untuk makan makanan yang keras. Seperti yang telah dijelaskan penyebab terjadinya gusi yang terangkat, salah satunya adalah pola makan atau mengunyah yang salah. Apabila anda memiliki pola yang demikian sebaiknya anda memperbaiki pola tersebut untuk menghindari kerusakan yang semakin parah pada kesehatan gigi anda.
Itulah tadi penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi gusi terangkat. Konsultasikan kepada dokter bedah mulut atau dokter gigi kepercayaan anda untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.
     

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "5 cara mengatasi gusi terangkat dan mengetahui penyebabnya"

  1. Oh...ternyata...beberapa poin saya sudah pernah dengar, beberapa belum,,,artikel yang sangat bermanfaat...

    ReplyDelete