20 Menu makanan diet untuk golongan darah O serta pantangannya

Menu diet dan makanan golongan darah O - Harus disesuaikan dengan karakteristik golongan O itu sendiri. Golongan darah O seperti yang ita ketahui, bisa berkembang dengan baik apabila mengkonsumsi protein yang berasal dari hewan. Hal itu dikarenakan golongan darah O masih mengandung jejak nenek moyang kita. Makanan berprotein tinggi serta tuntutan fisik yang luar biasa pada nenek moyang kita menjadikan golongan darah O tahan terhadap berbagai keadaan. Dengan kata lain, kemampuannya seperti itu terletak pada kemampuannya dalam beradaptasi.

20 Menu makanan diet untuk golongan darah


Perlu kita ketahui bersama, menu atau makanan diet golongan darah yang kita gunakan saat ini, berpedoman pada hasil penelitian Dr. PeterJ. D"Adamo yang memperkenalkan hubungan diet dengan golongan darah. Pada tahun 1996 naturopatis asal stamford, connecticut Amerika menulis buku dengan judul  "Eat Right For Your Tipe". Dalam bukunya Dr. PeterJ. D"Adamo menjelaskan bahwa manusia yang memiliki tipe darah yang berbeda pasti memiliki reaksi yang berbeda pula terhadap makanan, Penelitian selama bertahun-tahun menunjukkan bahwa ada efek fisiologis yang muncul akibat lectin masuk ke dalam tubuh. Lectin adalah protein yang terdapat pada makanan, baik itu makanan nabati maupun makanan hewani, khususnya biji-bijian dari tanaman polong-polongan. Bahan makanan tertentu bisa saja bersifat racun bagi golongan darah tertentu, namun adakalanya bermanfaat bagi golongan darah yang lainnya. 

Bagi anda yang hendak menjalani diet golongan darah termasuk dalam memilih menu makanan dan menu diet, ada baiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Hal ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai diet yang akan dilakukan, menjelaskan mengenai kendala apa yang akan dihadapi serta memberikan informasi mengenai makanan apa yang sebaiknya dipantang saat melakukan diet. Dalam hal ini, kami hanya akan sedikit memberikan informasi yang dapat anda diguanakan tentunya bukan sebagai acuan utama dalam menjalankan diet golongan darah O. Berikut kami rangkum menu dan makanan diet untuk golongan darah O, semoga bermanfaat bagi anda.


Menu dan makanan diet untuk golongan darah O

Sesuai dengan sifatnya bahwa golongan darah O mampu dengan baik mensintesa produk makanan dari bahan daging. Golongan darah O dapat mencerna makanan golongan daging dan unggas. Keberhasilan diet ini bergantung pada konsumsi daging yang bebas akan bahan kimia, unggas, serta ikan laut. Golongan darah O juga tidak dapat bebas dalam mengkonsumsi susu dan produk olahannya dibandingkan golongan darah lainnya. Namun meskipun demikain bukan berarti diet golongan darah ini bisa makan sepuasnya bahan makanan yang berasal dari hewan. Sebaiknya anda harus bijaksana dalam mengkonsumsi makanan. Konsumsilah sesuai dengan kebutuhan gizi tubuh dan hindarilah makanan yang berlemak. Mengkonsumsi makanan baik itu sayuran dan buah buahan diperlukan agar dapat mengimbangi kebutuhan tubuh akan protein dan vitamin yang diperlukan.


Sumber Karbohidrat 

20 Menu makanan diet untuk golongan darah

Makanan sumber karbohidrat untuk diet golongan darah O sebaiknya harus memberikan efek kenyang yang cukup. Dalam hal ini golongan darah O kurang menoleransi produk yang berasal dari tepung terigu atau gandum dan serealia, sehingga anda harus memilih produk makanan yang bersumber dari bahan pokok yang telah disebutkan. Adapun makanan sumber karbohidrat yang baik untuk diet golongan O diantaranya :
  • Bahan makanan yang baik dan direkomendasikan adalah ubi-ubian
  • Bahan makanan yang netral adalah beras putih / merah/ hitam, tapioka, buckwheat, millet tepung beras, tepung gandum atau oat serta mie soba
  • Bahan makanan yang menjadi pantangan adalah tepung gandum atau tepung terigu, kentang, jewawut, tepung gluten, pasta bayam, jagung, sorghum, corn flakes, couscous serta gandum tumbuk. 

Sumber protein  

Semakin tinggi aktifitas anda maka semakin banyak pula kebutuhan protein yang diperlukan oleh tubuh kita. Seperti yang telah dijelaskan bahwa khusus untuk menu diet dengan golongan darah O penggunaan protein hewani untuk menu diet sangat dianjurkan terlebih golongan daging dan unggas. Dalam hal ini daging akan lebih mudah dicerna oleh golongan darah O dibandingkan dengan bahan makanan lainnya. Adapun dalam memilih daging ada hal yang perlu anda perhatikan. Pilihlah daging yang memiliki sedikit lemak.
  • Daging yang paling direkomendasikan adalah daging kerbau, daging sapi ( hati sapi ), daging rusa, serta daging domba.
  • Daging yang netral untuk dikonsumsi diantaranya adalah : daging ayam, daging bebek, daging angsa, daging kambing, daging kalkun serta daging kelinci.
  • Daging yang menjadi pantangan bagi yang menjalani diet golongan darah O diantaranya adalah daging babi, daging puyuh, daging asap, serta daging penyu.


Telur dan produk dari susu

Diet pada golongan darah O harus membatasi dalam mengkonsumsi produk-produk yang berasal dari susu. Hal itu dikarenakan produk susu mempunyai kandungan lectin yang cukup tinggi. Konsumsilah susu hewani dengan susu kedelai agar bermanfaat bagi tubuh kita. 
  • Produk susu dan telur yang direkomendasikan : Tidak ada
  • Produk susu dan telur yang netral bagi tubuh kita : Telur ayam, ghee, telur bebek, keju mozarella, keju feta serta keju kambing
  • Produk susu dan telur yang harus dihindari dan menjadi pantangan diantaranya : Keju goudam keju edam, keju cheddar, keju kamember, keju parmesan, yogurt, kefir, bluecheese, keju emmenthal, chream cheese, kasein, keju brie, keju gruyere, susu kambing dan dedih.

Sayuran untuk diet golongan darah O

Sayuran dan diet untuk yang sedang melakukan diet golongan darah O disarankan menggunakan bahan organik afar lebih sehat dan bermanfaat bagi tubuh kita. Umumnya sayuran bisa ditoleransi dengan baik. Sementasra kailan, bayam, selada dan brokoli kaya dengan unsur kalium yang baik untuk golongan darah O. Sayuran juga mempunyai beberapa zat penting yang berguna untuk mencegah kangker gangguan saluran cerna dan sembelit.
  • Sayuran yang bermanfaat dan direkomendasikan untuk diet golongan darah O : Bayam, horseradish, daun paterseli, kailan, gallang laut, brokoli, parnip, bit hijau, okra, dandelion, selada romaine, waluh atau labu kuning serta articok.
  • Sayuran yang netral dan aman dikonsumsi untuk diet golongan darah O : Terung, jamur pertebello, jamur enoki, bit, daun labu, arugula, lobak daikon, rebung, daun pakis, selada air, tomat, bok coy, seledri, kangkung, servil, asparagus, ercis, khohlrabi, pimiento, wortel, jus kubis, zuchini, kapri, daun pepaya, acar, bayam, ganggang laut, labu, sawi, jamur tiram, jamur maitake, kecang panjang, daun singkong, andewi, chicory, jamur abalone, lobak serta asinan.
  • Sayuran yang dihindari dan menjadi pantangan : Kentang, mentimun, kacambah, zaitun hitam, kecambah hijau, jagung, kembang kol, lidah buaya, mustard hijau, daun bawang serta pare.

Buah-buahan 


Secara umum, buah tidak hanya mengandung mineral dan vitamin yang baik untuk menjaga dan memelihara kesehatan tubuh. Serat yang terkandung di dalam buah dipercaya mampu mengikat zat karsiogenik pencegah terjadinya kanker dan gangguan pada saluran pencernaan. Adapun buah yang bermanfaat dan buah yang menjadi pantangan bagi yang sedang diet golongan darah O diantaranya adalah :
  • Buah yang bermanfaat dan direkomendasikan untuk diet golongan darah O : Mangga, blueberi, prune, nanas, ceri, jus ceri, piasng, jambu biji dan plum.
  • Buah yang aman dikonsumsi diantaranya : Pir, mulberi, aprikot, kesemek, delima, pepaya, kismis, bluberi, jambu biji, buah ara, rasperi, persik, melon, apel, belimbing, anggur, kurma, buah currant, jeruk manis, sukun, stroberi serta jeruk keprok.
  • Buah yang harus dihindari dan harus dipantang antara lain : Pisang raja, blewah, kiwi, jeruk mandarin, kelapa, melon madu serta avokad.


Kacang-kacangan dan polong-polongan

Beberapa jenis kacang-kacangan dan polong-polongan khususnya untuk diet golongan darah O memang harus dikonsumsi secara terbatas. Hal itu dikarenakan kandungan proteinnya yang cukup tinggi. Selain itu, beberapa polong-polongan membuat golongan O cenderung membuat jaringan otot lebih asam dan menghambat metabolisme zat yang lain.
  • Kacang atau polong yang bermanfaat dan direkomendasikan untuk diet golongan darah O : Biji labu, biji kenari, kacang polong hitam, biji rami dan kacang adzuki.
  • Hasil olahan kacang atau polong yang aman dikonsumsi : Tempe, biji almond, kacang hikori, kacang merah, biji wijen,kacang buncis, kacang mentega, kacang garbanzo, kacang mkadamia, tahu, miso,kacang hijau,kacang kedelai, kacang pecan.
  • Bahan makanan yang menjadi pantangan diet golongan darah O : Kacang mete, kacang tanah, kacang chestnut, kacang pistachio, biji bunga matahari, kacang tembaga, kacang ginjal, miju-miju.

Minyak dan lemak

Minyak dan lemak bisa dicerna dengan baik oleh orang yang bergolongan darah O, terutama minyak zaitun. Tetapi penggunaan bahan makanan yang satu ini perlu dibatasi karena lemaknya sangat tinggi kalorinya dan bisa menyebabkan obesitas. Batasi asupannya sesuai dengan kabutuhan gizi tubuh.
  • Minyak dan lemak yang bermanfaat bagi tubuh : Olive oil atau minyak zaitun
  • Minyak dan lemak yang aman dikonsumsi oleh golongan darah O : Mentega, minyak biji kenari, minyak hati ikan kod, minyak buah almon
  • Minyak dan lemak yang menjadi pantangan golongan darah O : Minyak kelapa, minyak wijen, minyak kanola, minyak kacang tanah, minyak bunga matahari, minyak jagung, minyak kastor, minyak kedelai.

Minuman untuk diet golongan darah O 


Teh hijau yang kaya dengan antioksidan sangat bermanfaat bagi golongan darah O. Sedangkan semua minuman yang mengandung alkohol harus dihindari. Perbanyak mengkonsumsi jus buah dan sayuran yang dianjurkan. Vitamin, mineral dan serat serta fitonutrien yang tinggi dalam jus sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. 
  • Minuman yang bermanfaat bagi tubuh : Teh hijau, jus dengan buah dan sayuran yang sesuai anjuran 
  • Minuman yang aman dikonsumsi oleh golongan darah O : Anggur merah
  • Minuman yang menjadi pantangan golongan darah O : Kopi, anggur hitam, minuman beralkohol.

Bumbu dan rempah

Meskipun bumbu dan rempah rata-rata dikonsumsi dalam jumlah yang kecil, rata-rata bumbu dan rempah merupakan penyumbang utama kebutuhan vitamin dan mineral esensial. Hindarilah bumbu seperti lada yang dapat mengiritasi lambung.
  • Rempah yang bermanfaat bagi tubuh : Bumbu kari, capai, bawang bombay, lobak, kunyit
  • Rempah yang aman dikonsumsi oleh golongan darah O : Ketumbar, kayu manis, gula, daun salam, cengkih, madu, oregano, peppermit, peterseli, asam jawa, bawang merah, mustardkering, daun kemangi, kecap, kapulaga, gelatin, cuka, bawang putih, marjoram, vanili, taragon, sirop mapel, serai, lengkuas, kintan, garam, cokelat, miso dan paprika.
  • Rempah yang menjadi pantangan golongan darah O : MSG, lada.
Itulah tadi 20 menu makanan diet untuk golongan darah O beserta pantangannya yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber terpercaya.  Kunci sukses dalam menjalani diet selain tekad yang kuat, menu makanan yang tepat, konsistensi dalam menjalankan diet sangat perlu diperlukan. Semoga dengan artikel sederhana ini bisa membantu anda yang ingin atau sedang menjalani diet. Jangan lupa untuk memperoleh informasi menarik lainnya di Yosefpedia, salam.  




  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "20 Menu makanan diet untuk golongan darah O serta pantangannya"

Post a Comment