10 cara minum obat secara benar, aman dan efektif

Yosefpedia. Sebelum kita membahas mengenai cara minum obat yang benar serta aman, perlu kita ketahui terlebih dahulu, apa yang dimaksud dengan obat. Obat adalah bahan atau paduan bahan, termasuk produk biologi yang digunakan untuk mempengaruhi atau menyelidiki sistem fisiologi atau keadaan patologi dalam rangka penetapan diagnosis, pencegahan, penyembuhan, pemulihan dan peningkatan kesehatan. Bila obat tidak digunakan secara efektif dan aman akan mengakibatkan kegagalan pengobatan bahkan dapat menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan.

10 cara minum obat secara benar, aman dan efektif
sumber gambar : pixabay.com


Minum obat secara benar aman dan efektif perlu diajarkan kepada konsumen atau klien mengingat dari hasil penelitian, 50% pasien tidak menggunakan obat secara benar, tidak teratur, atau menghentikan obat sebelum waktunya. Penyebab yang paling sering adalah timbulnya efek samping, pasien tidak merasakan manfaat obat, atau cara penggunaan yang rumit terutama bagi orang tua.  


Bagaimana cara mendapatkan resep obat ??

Masyarakat mungkin bisa saja membeli obat tanpa menggunakan resep karena obat yang dibeli tidak termasuk obat dalam daftar G atau obat-obatan terlarang. Namun bila obat yang dimaksudkan merupakan obat yang perlu pengawasan khusus baik itu dalam pemberian serta dosisnya, diperlukan sebuah komunikasi yang efektif, baik itu terhadap dokter, apoteker maupun perawat mengenai masalah kesehatan anda. Dalam hal ini ada beberapa tips yang dapat diterapkan diantaranya :
  1. Sampaikanlah keluhan atau masalah kesehatan yang anda alami terhadap dokter dan tenaga kesehatan lainnya. Dalam hal ini sampaikanlah dengan jujur apa yang menjadi masalah kesehatan anda. Hal ini sangat diperlukan oleh dokter untuk menegakkan diagnosa dan penting untuk menentukan pengobatan atau terapi  lanjutan.
  2. Informasikan riwayat penyakit ataupun riwayat terapi sebelumnya ( termasuk obat bebas yang dikonsumsi, suplemen atau herbal ) serta sampaikan jika alergi terhadap pengobatan tertentu. Jika riwayat ini telah ada dalam bentuk digital, pastilah dokter sudah membaca dan melakukan review.
  3. Pahami pertanyaan dokter dan jawablah dengan jujur. Persamaan persepsi sangat dibutuhkan dalam proses ini. Misalkan jika anda datang dengan keluhan demam, seorang dokter pasti akan bertanya kepada anda sudah berapa hari anda merasakan demam. Dokter akan menghitung demam dalam hitungan 24 jam atau sehari sedangkan klien biasanya akan menghitung demam berdasarkan hari. Jadi bila anda demam mulai selasa pagi, maka hari itu juga dihitung hari ke-enol sedangkan satu harinya terhitung mulai rabu pagi begitu seterusnya.
  4. Ikuti anjuran dari dokter. Apabila dokter merujuk kepada dokter spesialis, subspesialis atau penunjang medis, mintalah pertimbangan terkait kemudahan akses dan keterjangkauan fasilitas.
  5. Resep diberikan sesuai dengan kebutuhan klinis. Jika proses terapi membutuhkan obat, maka dokter akan memberikan resep sesuai dengan kebutuhan anda dengan obat yang sudah teruji, mudah didapatkan dan dengan harga yang terjangkau.
  6. Jangan ragu untuk bertanya. Jika ada hal yang belum anda pahami dan mengerti, bicarakan dan bertanyalah kepada dokter anda. Jika perlu anda wajib mendapatkan pendampingan keluarga yang lain untuk membantu proses konsultasi sampai dengan masa terapi.   

Apakah yang dimaksud dengan penggunaan obat yang efektif dan aman ?

Ada beberapa hal penting yang harus dipenuhi dalam proses penggunaan obat diantaranya :
  • Sesuaikan obat dengan kebutuhan klinis. Obat diberikan sesuai dengan penyakit yang menyertai dan kondisi klinis, misalnya pada seseorang yang sedang hamil, menyusui ataupun seseorang dengan usia lanjut, penurunan fungsi organ ( ginjal, hati atau lever ) serta riwayat penyakit. Pemberian obat diharapkan sesuai dengan indikasi dan diagnosa yang benar dan tepat dengan pilihan obat yang dipertimbangkan efek klinis yang diharapkan.
  • Tepat dosis, cara, interval dan lama pemberian. Untuk mendapatkan efek klinis yang diharapkan, diperlukan ketepatan dosis, cara pemberian, interval pemberian dan lama pemberian obat.    
  • Biaya terapi yang terjangkau. Dengan tetap memperhatikan kebutuhan klinis pasien, maka anda diharapkan mendapatkan terapi yang rasional melalui obat yang tepat sesuai dengan kebutuhan klinis, dengan dosis yang tepat, jangka waktu yang tepat kemudahan mendapatkan obat dan dengan biaya yang terjangkau.


10 cara minum obat secara benar, aman serta efektif 

  1. Informasikan kepada dokter mengenai ada tidaknya alergi obat. Hal ini untuk mencegah terjadinya reaksi alergi yang bisa saja berujung pada kondisi yang kritis akibat terjadinya syok anapfilasksis.
  2. Baca aturan pakai obat dengan jelas. Selain itu perhatikanlah tanggal kadaluarsa pada bungkus obat, pastikan obat yang hendak anda konsumsi belum kadaluarsa.
  3. Minum obat sesuai waktu yang ditentukan. Jangan membuat waktu sendiri, perhatikanlah pula kapan waktu obat harus dikonsumsi, sebelum makan atau sesudah makan.
  4. Makanan dan minuman tertentu dapat bereaksi dengan obat, maka minumlah obat sesuai dengan aturan pakai. Waktu yang tepat untuk minum obat adalah ( obat sebelum makan ) diminum pada saat makan atau segera setelah makan. Yang kedua adalah sesudah makan ( 1/2 jam sesudah makan ).
  5. Simpanlah obat di tempat yang kering, terlindungi dari cahaya matahari langsung, jauhkan dari jangkauan anak-anak dan jika perlu simpanlah di lemari pendingin ( bukan freezer ).
  6. Minumlah obat dengan air putih, jangan dengan kopi, softdrink atau minuman jenis lainnya.
  7. Gunakanlah alat bantu pemakaian obat secara benar sebagai contoh : inhaler dan jarum suntik.
  8. Jangan gunakan obat lain ataupun obat bebas lain sebelum berkonsultasi dengan dokter
  9. Jangan menghentikan pengobatan sebelum anda berkonsultasi
  10. Bila terjadi reaksi-reaksi yang tidak diharapkan setelah minum obat, segeralah konsultasikan kepada dokter maupun apoteker.   
Dengan mengetahui cara minum obat secara benar dan aman, maka diharapkan anda bisa mendapatkan khasiat maksimal dari obat yang telah anda konsumsi. Bertanyalah kepada dokter kepercayaan anda apabila anda masih ragu dengan obat yang sedang anda konsumsi. Ikuti anjuran agar anda terhindar dari bahaya efek samping obat. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 cara minum obat secara benar, aman dan efektif"

Post a Comment