10 cara menabung bagi pelajar secara mudah dan cepat

Cara menabung bagi pelajar mungkin akan berbeda beda. Setiap pelajar dapat memilih cara yang disesuaikan dengan kemampuan dan kenyamanannya masing-masing. Artikel ini mengulas tentang manfaat menabung, alasan seorang pelajar harus menabung dan cara menabung yang dapat diaplikasikan dengan mudah oleh pelajar, berikut ulasannya : 

10 cara menabung bagi pelajar secara mudah dan cepat
ilustrasi menabung


Kegiatan menabung bagi seorang pelajar mungkin sudah diajarkan di dalam lingkup keluarga. Dalam kesehariannya seorang pelajar rata-rata diberikan uang saku oleh orang tua dengan berbagai macam tujuan. Tujuan orang tua memberikan uang saku bermacam-macam, ada yang memberikan uang saku untuk membeli makanan di kantin ketika beristirahat, ada juga yang memberikan uang saku sebagai uang transportasi atau uang yang diperlukan ketika terjadi masalah pada kendaraan yang kita gunakan selama di perjalanan. Selain mendapatkan uang saku biasanya pelajar juga mendapatkan uang tambahan baik itu dari orang tua, kakek atau nenek serta saudara yang lainnya. Bahkan di hari-hari besar tertentu pendapatan seorang pelajar akan meningkat secara signifikan. Sebagai contoh ketika hari raya lebaran tiba atau hari natal, dimana pada saat itu seorang pelajar akan mendapatkan uang angpau yang cukup banyak baik itu dari orang tua, dari saudara bahkan dari tetangga sekitar.

Bagi seorang pelajar, tentu ada keinginan untuk bisa menyisihkan uang saku atau menabung uang yang didapatkannya untuk berbagai macam tujuan, baik itu untuk keperluan pendidikan maupun sekedar untuk bisa menyalurkan suatu hobi. Menabung adalah kebiasaan yang baik dan perlu kita latih sejak dini karena mempunyai banyak manfaat. Apa saja manfaat menabung bagi seorang pelajar? Berikut adalah manfaat dan tips menabung bagi seorang pelajar secara mudah dan cepat yang berhasil Yosefpedia rangkum:

Manfaat menabung bagi pelajar

  1. Dengan menabung kita dapat lebih menghargai uang. Ya benar, dengan menabung kita akan lebih bisa menghargai uang yang diberikan kepada kita. Sebagain dari kita memang belum bisa merasakan bagaimana kedua orang tua kita bersusah payah mencari uang guna menopang perekonomian keluarga. Beruntunglah jika orang tuamu mampu sehingga segala kebutuhanmu baik itu kebutuhan untuk pendidikan maupun kebutuhan keseharianmu dapat tercukupi. Namun ada beberapa diantara kita yang kurang beruntung bahkan untuk sekedar mengenyam pendidikan di bangku sekolah saja tidak bisa karena tidak mempunyai biaya yang cukup untuk bersekolah.
  2. Dengan menabung kita dapat belajar mengatur keuangan. Mengatur keuangan tidak harus dimulai ketika kita mendapatkan uang sendiri dari bekerja. Kita dapat belajar mengatur keuangan kita ketika kita masih berstatus pelajar. Ya meskipun uang yang kita dapat hanya sedikit dan merupakan uang dari pemberian, namun setidaknya kita sudah belajar melakukan manajemen keuangan dari hal yang paling kecil.
  3. Mengajarkan kita untuk lebih mandiri. Khusus bagi kamu yang menabung dan dikelola diri sendiri, dengan menabung tentu akan melatih kemandirianmu. Untuk menjadi seorang yang mandiri tentu dapat dilatih dengan berbagai macam cara, salah satunya adalah menabung dengan cara yang tepat dan efisien.

Itulah tadi beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh seorang pelajar jika dia menabung. Selanjutnya apa saja yang menjadi motivasi bagi seorang pelajar untuk menabung? Ada beberapa hal yang bisa menjadi motivasi seseorang untuk menabung. Berikut ini hal-hal yang bisa membuat seorang pelajar dapat termotivasi untuk menabung :

Tujuan menabung bagi seorang pelajar

  1. Menabung untuk membeli barang yang diinginkan. Hal pertama dan yang paling banyak dijadikan motivasi bagi seorang pelajar untuk menabung adalah ingin membeli barang yang diinginkan, biasanya barang tersebut sesuai dengan hobinya masing-masing.Seorang pelajar akan membeli barang barang yang dapat menunjang aktifitas untuk bisa menyalurkan hobinya tersebut. Bagi yang suka bermain musik tentu ingin membeli alat musik idamannya, berbeda bagi yang suka kegiatan hiking, beberapa pelajar mungkin akan membeli tas gunung atau membeli sepatu gunung dan barang barang lainnya dari hasil tabungan mereka.
  2. Menabung untuk membeli kado ulang tahun teman. Teman dekat kita ulang tahun? mau meminta uang kepada orang tua kita untuk membelikannya kado? Tentu akan lebih baik jika membelikannya kado dengan hasil  tabunganmu sendiri. Memang hal itu butuh kerja keras, harus menahan haus atau lapar. Namun tentu kamu akan mendapatkan kepuasan tersendiri jika kamu dapat membelikan hadiah special untuk temanmu dari hasil jerih payahmu sendiri.
  3. Menabung untuk meringankan beban orang tua. Salut deh  bagi kamu yang mempunyai tujuan ini. Meringankan beban orang tua dapat kita lakukan dengan beberapa hal, lulus tepat waktu adalah salah satu hal yang sangat membantu orang tua, selain itu kamu dapat membantu orang tua dengan cara membeli keperluan sekolahmu dengan uang hasil dari tabunganmu. Tentu orang tuamu akan sangat bangga dengan kebiasaanmu menabung.
  4. Menabung untuk membuka peluang bisnis. Bagi kamu yang mempunyai jiwa entrepreneur untuk mendapatkan modal usaha tentu berbagai cara bisa kamu lakukan. Bila kamu masih seorang pelajar tidak mungkinkan jika kamu meminjam uang kepada orang lain, apalagi meminjam uang di bank. Oleh karenanya untuk mendapatkan modal usaha menabung adalah salah satu tindakan untuk memperoleh modal usaha yang akan kamu rintis.

Lantas bagaimana tips yang tepat bagi kita yang masih pelajar untuk bisa menabung?, Berikut ini tips menabung bagi seorang pelajar yang bisa kamu aplikasikan sehari-hari :

10 tips menabung bagi pelajar

  1. Tentukan tujuanmu terlebih dahulu. Nah langkah pertama sebelum kamu mulai menabung adalah menentukan tujuanmu terlebih dahulu, apakah menabung untuk membeli sebuah handphone? Membeli sebuah gitar atau menabung untuk digunakan untuk tujuan traveling? mengapa hal ini perlu dilakukan? Dengan menentukan tujuan tentu kamu akan mudah termotivasi ketika dalam prosesnya nanti kamu mulai malas atau kehilangan motivasi untuk menabung. Disaat kamu malas, ingatlah tujuan awal ketika kamu mulai menabung dan renungkanlah sejauh mana proses yang telah kamu lalui dan pengorbanan yang telah kamu lakukan.
  2. Tentukan target. Menentukan target adalah hal yang tidak kalah penting ketika kamu memutuskan untuk menabung. Dengan target yang jelas kamu akan lebih termotivasi untuk mengumpulkan uang jajan yang kamu peroleh. Buatlah target sesuai dengan kemampuanmu. Hanya kamu yang bisa mengukur kemampuan diri sendiri, janganlah membuat target waktu dan target pencapaian yang sangat memberatkanmu.
  3. Berkomitmenlah dengan keputusanmu. Berkomitmen itu hal yang susah dan penuh dengan kesabaran dan perjuangan. Misalkan kamu mempunyai komitmen untuk menyisihkan 50% dari uang jajan yang kamu peroleh selama 30 hari, maka mau tidak mau kamu harus mengusahakannya dengan  berbagai upaya untuk dapat menyisihkan 50 % dari uang jajanmu itu. Seringkali kamu mengeluarkan uang lebih dari 50% dari uang jajanmu. Sebagai contoh uang sakumu setiap hari sebesar Rp.10.000. Pada hari pertama sampai hari ke 10 semua berjalan dengan baik sampai disuatu hari kamu mengeluarkan 75 % dari uang jajanmu, maka dihari berikutnya kamu sebaiknya menutup kekurangan target dengan meminimalisir pengeluaranmu di hari berikutnya.
  4. Bawalah makanan dan minuman dari rumah. Selain dapat menghemat uang dengan membawa sendiri bekal dari rumah maka kamu akan mendapatkan berbagai manfaat. Salah satunya adalah kehiegenisan makanan yang kamu konsumsi dapat terjamin. Selain itu kebutuhanmu akan asupan cairan dapat terpenuhi, karena jika membawa air minum sendiri maka mau tidak mau kita akan menghabiskan air yang kita bawa ketika pulang.  Karena jika air minum yang kita bawa tidak habis tas kita akan berat dan capek ketika membawanya diperjalanan pulang.
  5. Belilah celengan jangan sia-siakan uang receh. Hal yang paling sering adalah menyepelekan uang receh. Kebiasaan yang perlu dirubah jika kita mendapatkan uang kembalian yang semula kita taruh sembarangan kini kita masukkan ke dalam celengan atau menyimpannya ke dalam satu wadah. Bila sudah terkumpul banyak maka kamu dapat membagi-baginya ke dalam suatu pecahan. Misalkan menjadikan 1 sepuluh pecahan Rp.500; untuk mendapatkan Rp.5.000; atau menjadikan 20 pecahan Rp5.00 untukmendapatkan Rp.10.000;.
  6. Jauhkan niat untuk membeli hal-hal yang tidak penting. Untuk dapat menunjang hal tersebut buatlah catatan yang berisi tujuanmu menabung, target yang akan kamu raih dan daftar kebutuhanmu, ingat ya daftar kebutuhan bukan daftar keinginan. Nah apabila daftar sudah terbuat simpanlah dan bukalah catatan tersebut bila muncul niat jahat untuk membeli barang-barang yang tidak kamu perlukan, sesuaikanlah barang tersebut apakah masuk ke dalam daftar barang yang kamu perlukan atau tidak, dan pertimbangkan keuntungan dan kerugian jika kamu membeli barang tersebut.
  7. Gunakanlah fasilitas yang ada. Jika di sekolahanmu terdapat fasilitas seperti tabungan siswa dapat kamu manfaatkan fasilitas tersebut. Selain di lingkungan sekolah kamu juga dapat mengelola tabunganmu sendiri di lingkungan masyarakat atau organisasi. Misalkan di lingkungan rumahmu terdapat organisasi karangtaruna yang mengadakan kegiatan menabung ataupun di lingkungan RT yang mengadakan kegiatan simpan pinjam. Kamu dapat ikut serta di dalamnya dengan mendaftar menjadi anggota dan aktif dalam kegiatan yang diadakan.
  8. Bukalah rekening tabungan secara mandiri.  Saat ini banyak bank yang memfasilitasi kegiatan menabung dan ditujukan untuk kalangan pelajar. Beberapa tabungan memiliki syarat yang mudah dan proses pembuatan rekening dengan biaya yang sangat terjangkau.
  9. Berfikir kreatif dan inovatif. Untuk mensukseskan kegiatan menabung pikirkanlah bagaimana cara untuk dapat menyisihkan uang dengan memanfaatkan sumber daya yang ada. Misalkan jika jarak tempat tinggal dan tempatmu bersekolah tidak terlalu jauh dan dapat dijangkau dengan bersepeda maka gunakanlah sepeda sebagai alat transportasimu sehari hari. Dengan hal tersebut kamu dapat sedikit banyak menghemat biaya transportasi. Atau bila tempat sekolahmu jauh dan kamu memiliki teman berdekatan maka tidak ada salahnya menggunakan satu kendaraan dan digunakan berboncengan sedangkan ongkos untuk  membeli bensin dapat ditanggung bersama.
  10. Cara untuk menabung bagi pelajar yang terakhir adalah menghemat pengeluaran terutama untuk kebutuhan telepon selular. Beberapa diantara kita mungkin belum menyadari bahwa kebutuhan untuk menggunakan telepon selular baik itu pulsa maupun kuota merupakan pengeluaran yang cukup besar. Untuk mensiasatinya pintar-pintarlah memilih dan menggunakan paketan internet yang kita gunakan. Gunakanlah telepon selularmu dengan bijaksana dan kurangilah penggunaan media social. Mengapa kita harus mengurangi penggunaan media social? Percaya atau tidak bahwa menggunakan atau membuka media social akan membuang waktu produktif kita untuk hal-hal yang kurang bermanfaat, selain mengurangi waktu produktifmu, menggunakan media sosial secara berlebihan juga membuat paketan internet kita cepat habis. 

Itulah 10 tips menabung bagi pelajar secara mudah dan cepat yang dapat kamu coba. Ingat bahwa untuk mendapatkan kejayaan diperlukan pengorbanan, pengorbanan yang tidak mudah bagi kamu yang masih pelajar. Tapi percayalah dengan membiasakan hidup hemat dan rajin menabung kamu akan mendapatkan banyak manfaat, tidak hanya saat kamu menjadi pelajar saja, namun kebiasaan baik tersebut akan kamu bawa sampai tua. Semoga 10 tips menabung bagi pelajar ini bermanfaat. Salam.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 cara menabung bagi pelajar secara mudah dan cepat"

Post a Comment